Menepis Mitos Tentang IUD, Andalan Kontrasepsi Hadirkan Kampanye #SaatnyaAndalkanIUD

Menepis Mitos Tentang IUD

Melalui tagar #SaatnyaAndalkanIUD, Andalan Kontrasepsi kembali mengkampanyekan manfaat IUD sebagai salah satu metode kontrasepsi jangka panjang yang efektif mencegah kehamilan dan menepis berbagai mitos serta miskonsepsi yang masih dipercaya sebagian wanita Indonesia terkait dengan penggunaan IUD.

Pengetahuan wanita Indonesia mengenai IUD sebagai salah satu pilihan metode kontrasepsi yang efektif untuk merencanakan keluarga terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 79,2 persen (Data SDKI 2017). Namun, tingginya pengetahuan tersebut tidak diimbangi dengan tingginya angka pengguna IUD di Indonesia. Terbukti, hanya sekitar 5 persen wanita di Indonesia yang menggunakan IUD untuk metode perencanaan keluarga. Mitos dan miskonsepsi yang salah terhadap alat kontrasepsi ini menjadi penyebab utama masih banyak wanita yang ragu-ragu menggunakan IUD.

Baca Juga: Enam Jenis Kontrasepsi, Mana yang Kamu Minati?

Selain kampanye lewat digital di website tundakehamilan.com, moth3rs.com dan juga social media, Andalan Kontrasepsi juga menyelenggarakan influencer gathering dengan mengundang para mommies millennials yang merupakan pengguna IUD untuk berbagi pengalaman mereka sewaktu merencanakan keluarga dengan IUD.

Simak video tentang #SaatnyaAndalkanIUD berikut:

artikel lainnya