Trik Meningkatkan Peluang Kehamilan di Masa Subur

Meningkatkan peluang kehamilan

Pasangan yang sudah menikah umumnya menginginkan kehadiran buah hati yang akan semakin melengkapi kebahagiaan keluarga. Kehamilan ini perlu direncanakan lho, sehingga akan terjadi kehamilan sehat sampai kelahiran kelak.
Kamu yang sudah tidak sabar ingin cepat hamil, pastikan kesehatan Kamu dan pasangan dalam kondisi baik. Caranya dengan rajin chek up ke dokter. Selain itu Kamu bisa mengatur hubungan seksual di masa subur.

Kamu pasti sudah tahu, kehamilan, terjadi karena ada pembuahan sel telur oleh sperma. Meskipun nampaknya sederhana, ternyata pada prosesnya tidak semudah itu. Seorang wanita umumnya hanya melepaskan satu sel telur matang setiap bulan melalui proses yang disebut ovulasi. Jika kebetulan ada sperma yang masuk melalui rongga rahim, maka bisa terjadi pembuahan dan kemudian kehamilan.

Baca Juga: Progam Kehamilan? Yuk Kenali Masa Subur dari Lendir Serviks!

Apa saja Tanda Masa Subur?

Periode yang disebut masa subur adalah periode ketika peluang kehamilan sangat tinggi jika melakukan hubungan seksual. Di masa subur kamu dianjurkan melakukan hubungan seks setidaknya dua hari sekali, terutama selama 5 hari sebelum ovulasi.

Berikut ini tanda-tanda ovulasi yang menunjukkan masa subur, di mana sel telur dilepaskan dari indung telur dan siap dibuahi sperma:

  1. Kenaikan suhu tubuh

    Saat wanita ovulasi, terjadi perubahan suhu tubuh akibat perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi. Di paruh pertama siklus menstruasi, ovarium mengeluarkan hormon estrogen yang cukup tinggi untuk melepaskan sel telur.
    Setelah itu, estrogen turun dan digantikan peningkatan hormon progesteron. Kenaikan hormon progesteron ini membuat suhu tubuh sedikit naik.

    Kamu bisa cek suhu tubuh setiap hari di sekitar hari ovulasi. Cek suhu tubuh sebaiknya sebelum bangun tidur, karena inilah yang disebut suhu basal. Jika kamu rajin mengukur suhu basal tubuh tiap hari, kamu akan punya data kapan ovulasi terjadi.

  2. Lendir serviks lebih lengket

    Ciri-ciri ovulasi lainnya adalah tekstur lendir serviks lebih lengket. Konsistensinya mirip putih telur mentah. Kamu bisa mengambil sedikit cairan lendir vagina dan membentangkannya dengan ibu jari dan jari telunjuk. Jika tidak putus, itu tanda lendir di masa subur.

    Cairan serviks di masa subur juga cenderung lebih lebih banyak tekstur lendir seperti ini membantu sperma berenang di dalam vagina hingga ke dalam rahim.

  3. Sedikit tidak nyaman di perut

    Sebagian wanita merasakan nyeri atau sedikit tidak nyaman saat ovulasi, tetapi banyak wanita tidak menyadarinya. Rasa tidak nyaman umumnya terjadi di pertengahan siklus menstruasi.

Bantu dengan Alat Prediktor Ovulasi

Saat ini, Kamu sebenarnya dimudahkan dengan alat pengukur masa subur atau disebut ovulasi kit. salah satu contohya, Andalan ovulation kit yakni perangkat tes kesuburan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Alat ini akan memberikan gambaran lebih tepat tentang kapan ovulasi dan masa subur berlangsung. Cara menggunakannya seperti menggunakan test pack kehamilan yakni menggunakan sampel urine dan mendeteksi kadar hormon luteinizing (LH), yang naik dalam 24 hingga 36 jam sebelum ovulasi.

Baca Juga: indari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

menstruasi-tak-terjadi

Menstruasi yang tak Kunjung Terjadi

Beruntunglah kamu yang mengalami menstruasi tepat pada waktunya. Sebab, tidak semua wanita bisa merasakan menstruasi. Apa saja kondisi yang menghalangi terjadinya menstruasi? Simak penjelasannya berikut

Read More »