Tujuh Ciri Hamil Anak Kembar

hamil anak kembar

Ibu yang hamil anak kembar cenderung alami morning sickness yang lebih berat dan tubuh cepat lelah.

Ciri utama telah terjadi kehamilan di dalam tubuh adalah meningkatnya kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi oleh plasenta. Alat deteksi kehamilan atau test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG di dalam urin yang biasanya meningkat tajam di awal masa kehamilan. Seperti Andalan Pregnancy Test Kit yang tingkat akurasinya sampai 99.9% dalam mendeteksi kadar hormon hCG. Adapun pada kehamilan anak kembar, kadar hormon hCG bisa bisa lebih tinggi dibanding kehamilan biasa.

Baca Juga: Trik Meningkatkan Peluang Kehamilan di Masa Subur

Hal tersebut disimpulkan dalam Journal Fertility and Sterility 2012 berdasarkan beberapa studi yang dianalisa. Maureen Baldwin, MD, MPH, assistant professor Obstetrics and Gynecology dari Oregon Health and Science University pun menyimpulkan hal yang sama. Ia bahkan menyebutkan salah satu ciri hamil anak kembar adalah kadar hormon hCG yang 30-50% lebih tinggi dibanding hamil tunggal. Kondisi inilah yang kemudian membuat hamil anak kembar memiliki ciri yang spesifik di trimester pertama kehamilan. Apa sajakah itu?

  1. Morning sickness lebih berat.
    Pada saat sel telur yang dibuahi sperma menempel pada dinding rahim maka tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon hCG. Hormon hCG berfungsi menjadi sinyal bagi otak untuk terus menghasilkan hormon progesteron. Hormon-hormon kehamilan ini memicu morning sickness atau merasakan mual di pagi hari. Pada ibu yang hamil anak kembar rasa mualnya bisa berlipat kali karena kadar hormon hCG-nya begitu tinggi. Bisa jadi mual yang dirasakan sepanjang hari.
  2. Lebih sering merasakan kelelahan.
    Pada saat kehamilan terjadi, tubuh memerlukan energi yang lebih besar untuk menghadapi perubahannya. Dan yang terjadi pada kehamilan kembar, energi yang dibutuhkan lebih banyak dan ditambah dengan morning sickness yang hebat akhirnya membuat tubuh tentu lebih sering merasakan kelelahan. Untuk mengatasi hal ini, ibu harus memastikan tubuh tetap terhidrasi serta usahakan tetap memenuhi kebutuhan istirahat.
  3. Perut terlihat lebih besar.
    Pada kehamilan tunggal, bidan atau dokter kandungan mulai mengukur tinggi perut ketika usia kehamilan memasuki 20 minggu. Tapi pada hamil anak kembar biasanya bisa lebih cepat karena perut terlihat lebih besar. Setelah diukur dokter atau bidan kemudian memastikan apakah benar terjadi hamil anak kembar dengan melakukan USG.
  4. Lebih sering merasakan sesak napas.
    Produksi hormon progesteron yang tinggi pada saat hamil membuat sesak napas, karena hormon ini membuat udara yang masuk ke tubuh lebih sedikit dibandingkan yang dikeluarkan. Pada hamil anak kembar, kadar hormon progesteron lebih tinggi. Apalagi keberadaan dua janin atau lebih di dalam rahim membuat otot diafragma terdorong. Alhasil ibu jadi lebih sering merasakan sesak napas.
  5. Berat badan bertambah secara drastis.
    Idealnya kenaikan berat badan pada ibu hamil terjadi pada trimester ketiga. Tapi pada ibu yang hamil anak kembar, kondisinya ini bisa lebih cepat. Perbedaan berat badan ibu hamil tunggal dengan ibu hamil anak kembar bisa mencapai 4,5Kg pada usia kehamilan yang sama. Meski begitu, kenaikan berat badan pada ibu hamil tetap harus dipantau karena sangat berkaitan dengan pertumbuhan serta perkembangan janin.
  6. Merasakan pergerakan janin lebih awal.
    Sebenarnya janin mulai melakukan pergerakan di dalam rahim sejak awal kehamilan, hanya saja ibu baru bisa merasakannya ketika usia kehamilan 18 minggu. Pada ibu yang hamil anak kembar, waktunya lebih awal lagi. Tentu saja karena ada dua janin atau lebih yang ada di dalam rahim membuat ibu yang hamil anak kembar bisa mulai merasakan ada pergerakan janin bahkan sebelum trimester kedua.
  7. Merasakan sensasi jantung berdebar cepat.
    Kehamilan membuat volume darah ibu meningkat. Pada hamil anak kembar peningkatan volume darah bisa mencapai 70%. Kondisi ini membuat jantung bekerja lebih keras yang kemudian membuat ibu merasakan sensasi jantung berdebar cepat.

Baca Juga: Progam Kehamilan? Yuk Kenali Masa Subur dari Lendir Serviks!

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang menjaga tubuh tetap sehat selama hamil, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Jangan kuatir, semua informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya