Waspadai Empat Makanan Pemicu Disfungsi Ereksi Berikut Ini

disfungsi ereksi

Makanan manis, berlemak, dan gurih asin sebaiknya dibatasi. Bukannya apa-apa, semua itu termasuk makanan pemicu disfungsi ereksi.

Enak di mulut, belum tentu enak di “perut”. Ada baiknya mengingat kalimat ini sebelum ‘khilaf’ menyantap makanan enak setiap hari. Bukannya tidak boleh makan enak, tapi perlu bijaksana mengkonsumsinya. Untuk Kaum Adam, ada beberapa jenis makanan pemicu disfungsi ereksi yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu: Top 6 Penyebab Disfungsi Ereksi

Bagi laki-laki, tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi bisa jadi ‘kiamat’. Kondisi ini bisa muncul lantaran terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang mengarah ke penis. Nah, salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah ini adalah makanan.

Bukan berarti makanan tertentu langsung menimbulkan penyempitan, tapi makanan dan pola makan yang kurang baik bisa menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. Misalnya kolesterol tinggi, diabetes, dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Kondisi-kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya penyempitan pada pembuluh darah ke arah penis.

4 Makanan Pemicu Disfungsi Ereksi

Terlalu sering dan/atau banyak mengonsumsi 4 jenis makanan berikut ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatanmu, dan pada akhirnya bisa muncul disfungsi ereksi. Apa saja? Yuk kita pelajari.

  1. Lemak
    Lemak memang termasuk makronutrien, atau nutrisi yang perlu kita konsumsi dalam jumlah besar, selain karbohidrat dan protein. Rekomendasi asupan lemak untuk orang dewasa yaitu 20-35% dari total asupan energi dalam sehari, atau total 5 sendok makan sehari (67 gr). Nah, perhatikan jenis lemaknya. Yang perlu diperbanyak adalah lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh (tunggal maupun ganda). Lemak jenuh perlu dibatasi, dan lemak trans sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol, serta memicu kegemukan. Kedua kondisi tersebut bisa mengganggu aliran darah ke penis.
  2. Makanan manis
    Croissant, cheesecake, éclair, boba, atau es kopi memang enak. Namun diam-diam, semua itu termasuk pemicu disfungsi ereksi. Makanan/minuman manis maupun makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti tepung, bisa memicu kegemukan/obesitas, dan diabetes melitus tipe 2. Boleh kok makan manis, tapi jangan berlebihan ya. Batas maksimal konsumsi gula dalam sehari yaitu 50 gr (4 sendok makan gula). Bila menyukai rasa manis, kamu bisa mengalihkannya dengan makan buah segar.
  3. Tinggi garam
    Terlalu banyak konsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah dan muncullah hipertensi. Memang, faktor risiko hipertensi bukan hanya dari garam. Ada pula faktor bawaan atau genetik, dimana tekanan darah cenderung lebih tinggi dibandingkan orang pada umumnya. Namun tak ada salahnya membatasi konsumsi garam. Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, batasilah konsumsi garam maksimal 1 sendok teh (2.000 mg) dalam sehari. Bila kamu cenderung menyukai rasa asin/gurih, kamu bisa menambahkan bumbu tertentu, untuk mengkompensasi garam yang dikurangi. Misalnya jamur, perasan lemon, atau bumbu/rempah yang memiliki rasa atau aroma agak tajam seperti bawang putih, adas, dan rosemary.
  4. Alkohol
    Yang satu ini memang bukan makanan, melainkan minuman. Tahukah kamu, alkohol ternyata salah satu hal utama yang kita konsumsi, yang bisa mengganggu ereksi. Konsumsi alkohol yang berlebihan meningkatkan risiko terjadinya disfungsi ereksi, dan memperburuk disfungsi ereksi yang telah terjadi. Tak hanya itu, alkohol ternyata juga bisa menurunkan libido, bahkan memicu ejakulasi dini. Jadi, kata siapa laki-laki peminum alkohol itu gagah?

Tak perlu malu berkonsultasi ke dokter bila mengalami disfungsi ereksi. Jangan berusaha mengobatinya sendiri. Dokter akan menelusuri penyebab disfungsi ereksi yang kamu alami, dan memberikan pengobatan yang sesuai. Bila diperlukan, dokter bisa meresepkan PDE-5 inhibitor misalnya TOPGRA, untuk membantu ereksi. TOPGRA mengandung sildenafil sitrat 100 mg, dan perlu diminum 1-4 jam sebelum berhubungan.

Baca Juga: Olahraga Lari Bisa Cegah Disfungsi Ereksi

Masih punya pertanyaan seputar makanan pemicu disfungsi ereksi? Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya