4 Keuntungan Ikut Program Keluarga Berencana untuk Para Ayah

Program Keluarga Berencana (KB) seringkali diasosiasikan sebagai program pemberdayaan perempuan, baik yang baru menikah maupun yang telah menjadi ibu. Akan tetapi, tahukah Anda? Para ayah ternyata juga mendapat banyak keuntungan dari program Keluarga Berencana (KB). Berikut beberapa di antaranya.

  1. Lebih mudah mengatur keuangan?
    Jika di masa lajang Anda belum memiliki tanggungan, kini kondisinya berbeda. Biaya yang dikeluarkan setelah berumah tangga lebih besar, meskipun istri Anda mungkin saja bekerja. Dengan menunda punya anak, Anda bisa menabung dulu hingga benar-benar siap. Ingat bahwa biaya yang diperlukan tak hanya sebatas biaya kehamilan dan persalinan, namun juga biaya untuk mendukung masa depan anak hingga ia menyelesaikan pendidikan tinggi dan bisa mandiri. Apalagi jika ingin memiliki lebih dari satu anak, tentunya akan lebih baik bila bisa mengatur jarak kelahiran antara anak pertama dengan anak berikutnya. Di jeda waktu tersebut, Anda dan istri bisa mempersiapkan tabungan untuk menyambut anak kedua. Nah, nantinya setelah sudah puas dengan ukuran keluarga yang diinginkan, Anda pun bisa mempertahankannya dengan program Keluarga Berencana (KB).
    Keuntungan Ikut Program Keluarga Berencana untuk Para Ayah
  2. Lebih fokus membangun karir
    Jika tadinya Anda merupakan karyawan entry-level, Anda mungkin memiliki target untuk menjadi supervisor. Sementara itu, Anda yang sudah menjadi supervisor mungkin ingin menjadi manager. Demikian juga, Anda yang telah memimpin perusahaan bisa saja masih memiliki impian untuk membuka bisnis sendiri. Apapun gol Anda di bidang karir, akan lebih mudah untuk mencapainya bila Anda memiliki waktu untuk berfokus pada pengembangan diri, baik untuk mengikuti kegiatan pelatihan, melanjutkan pendidikan, atau mulai melakukan riset kecil-kecilan sebelum merintis usaha sendiri. Program Keluarga Berencana (KB) bisa menjadi solusi untuk masalah ini.
    Keuntungan Ikut Program Keluarga Berencana untuk Para Ayah
  3. Lebih sehat dan fit secara fisik
    Jam tidur seorang ayah biasanya akan berkurang secara drastis pada tahun-tahun awal mengasuh anak bersama istri. Sulit sekali beristirahat di sela-sela pekerjaan yang menumpuk dan suara tangisan bayi. Tak jarang, para ayah tertidur di kantor akibat kelelahan. Padahal, kurang tidur berdampak buruk terhadap performa kerja (Costa-Font & Flèche, 2017). Dengan istirahat yang kurang, daya tahan tubuh pun menurun dan Anda lebih rentan terkena penyakit. Memang benar bahwa pengalaman-pengalaman tersebut normal bila Anda memutuskan untuk menjadi seorang ayah, namun Anda tidak perlu mengalaminya setiap tahun, kan? Dengan program Keluarga Berencana (KB), Anda bisa mengatur porsi tanggung jawab keluarga sesuai kemampuan fisik Anda.
    Keuntungan Ikut Program Keluarga Berencana untuk Para Ayah
  4. Lebih banyak waktu untuk keluarga
    Dengan keluarga berukuran kecil, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk benar-benar terlibat di kehidupan setiap anggota keluarga. Hubungan Anda dengan istri akan jadi lebih harmonis seiring dengan bertambahnya waktu untuk menjalin romansa. Anak pun bisa lebih dekat dengan Anda. Faktanya, anak-anak dengan ayah yang terlibat aktif dalam kehidupan sehari-hari mereka memiliki perkembangan kognitif yang lebih baik, lebih sehat secara fisik, dan terjaga kesehatan mentalnya (Allport, Johnson, et al., 2018).?
    Keuntungan Ikut Program Keluarga Berencana untuk Para Ayah

Baca juga : 5 Manfaat Ikut Program Keluarga Berencana Saat Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Demikianlah 4 manfaat mengikuti program Keluarga Berencana (KB) untuk para ayah. Jika ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp