Minum Pil KB sekaligus Mencegah Anemia, Bisa Banget!

Pil Kb

Minum pil sekaligus mencegah anemia, memang bisa? Bisa! Yuk simak artikel di bawah ini.

Coba lihat telapak tanganmu. Bersemu merah atau pucat? Kalau pucat, bisa jadi kamu mengalami anemia. Segera cek ke dokter ya, untuk mengetahui status Hb kamu. Kamu disebut anemia bila kadar Hb dalam darahmu <12 g/dL. Perempuan memang rentan mengalami anemia, karena tiap bulan kehilangan darah saat haid. Duh, gimana nih, aku minum pil KB. Katanya minum pil KB bisa bikin anemia? Bisa gak ya minum pil KB sekaligus mencegah anemia?

Tenang, anggapan kalau pil KB bisa menyebabkan anemia itu hanya mitos kok. Justru faktanya adalah sebaliknya. Pil KB bisa mengurangi risiko anemia, karena saat minum pil KB, darah haid cenderung lebih sedikit. Jadi, jangan khawatir ya.

Baca Juga: Manfaat Menunda Menstruasi dengan Pil KB

Memang, apa bahayanya sih kalau perempuan kena anemia? Bahaya banget! Terutama di usia reproduktif. Anemia saat hamil bisa membuat pertumbuhan janin terhambat, bayi lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, bahkan berisiko keguguran. Tak hanya itu. Perempuan yang hamil dalam kondisi anemia bisa mengalami pendarahan saat melahirkan, dan lebih berisiko terhadap depresi pasca melahirkan. Jadi, jangan sampai kamu anemia saat hamil ya.

Double Action: Pil KB Sekaligus Mencegah Anemia

Seperti sudah dijelaskan di atas, pil KB justru bisa menurunkan risiko anemia. Malah sekarang, ada pil KB dengan double action lho. Kamu bisa minum pil KB sekaligus mencegah anemia. Jadi gak sekadar mengurangi risiko terhadap anemia, tapi juga mencegahnya.

Wah, kok bisa? Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari Pil KB Andalan Fe. Ini adalah pil KB 28 hari, terdiri dari 21 pil dengan kandungan hormon estrogen dan progesteron sintetis, serta 7 pil plasebo tanpa kandungan hormon.

Pil dengan kandungan hormon bertindak sebagai kontrasepsi. Ia mencegah terjadinya ovulasi, membuat lendir serviks menjadi lebih kental sehingga menghambat pertemuan sperma dengan ovum, serta menipiskan lapisan dinding rahim (endometrium) sehingga sel telur yang dibuahi akan sulit menempel. Setelah 21 pil ini habis, biasanya akan terjadi menstruasi. Darah yang keluar lebih sedikit karena lapisan endometrium yang terbentuk lebih tipis. Itu sebabnya, risiko anemia berkurang dengan minum pil KB.

Nah setelah 21 pil ini selesai diminum, kamu cukup melanjutkan dengan 7 pil plasebo. Di sinilah Pil Kb Andalan Fe bekerja ganda encegah anemia. Ketujuh pil plasebo berwarna putih ini mengandung zat besi Ferrous Fumarate 75 mg, sehingga bisa mencegah anemia saat menstruasi. Beberapa orang kadang merasa mual setelah minum zat besi. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa minum Pil KB Andalan Fe setelah makan, atau sebelum tidur.

Ada baiknya kamu memeriksakan kadar Hb dan cadangan besi kamu. Bila ternyata kamu sudah anemia akibat kekurangan zat besi, tentu tidak cukup hanya mengandalkan pil KB dengan tambahan zat besi. Kamu perlu mengonsumsi suplemen zat besi rutin sesuai anjuran dokter.

Buat kamu yang sedang merencanakan kehamilan, periksakanlah status zat besi kamu ya. Bila ditemukan kamu anemia atau cadangan zat besi kamu rendah, dokter bisa segera melakukan intervensi untuk memperbaiki status zat besi kamu, sehingga kamu hamil dengan status zat besi yang baik. Rencanakan dan persiapkanlah kehamilan sebaik-baiknya ya.

Baca Juga: Lupa Minum Pil KB Satu Kali, Apakah Ada Kemungkinan Hamil?

Masih punya pertanyaan soal kontrasepsi, kehamilan, dan Pil KB andalan Fe? Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya