4 Metode Keluarga Berencana yang Paling Praktis untuk Mendukung Karir Anda

Ketika sedang waktunya meniti karir, fokus adalah sesuatu yang sangat penting. Akan lebih sulit menyeimbangkan kehidupan Anda ketika Anda harus membagi perhatian di sela-sela kesibukan yang luar biasa. Akan tetapi, ini bukanlah target yang mustahil. Program Keluarga Berencana bisa membantu Anda mewujudkannya. Berikut 4 metode Keluarga Berencana yang paling praktis untuk mendukung karir Anda.

  • IUD
    Dengan efektivitas hingga 99,2% dalam mencegah kehamilan (Hill, 2019), IUD yang terbuat dari kombinasi plastik dan tembaga dengan bentuk menyerupai huruf T ini merupakan metode kontrasepsi yang sangat praktis. Sekali pemasangan, penggunanya terlindungi hingga 10 tahun. Artinya, Anda hanya perlu berkunjung ke dokter atau bidan sekali saja untuk menikmati manfaatnya. Pemasangannya ke dalam rahim pun singkat dan sama sekali tidak melibatkan operasi apapun. Anda bisa kembali bekerja dan produktif di hari yang sama, tak perlu mengorbankan waktu Anda yang berharga. Beberapa jenis IUD yang tersedia di Indonesia misalnya IUD Andalan Silverline Cu 200 Ag & IUD Andalan Silverline Cu 380 Ag, IUD Andalan Tcu 380 A, IUD Andalan Cu 375 Sleek, dan IUD Andalan Postpartum. Masing-masing memiliki masa perlindungan maksimal yang berbeda, mulai dari 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Anda tinggal menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Jika Anda berubah pikiran dan ingin memiliki anak, IUD bisa kembali dilepas dan kesuburan Anda akan kembali seperti semula.
  • Implan
    Karena minat masyarakat terhadap alat kontrasepsi yang satu ini sangat besar, Indonesia merupakan negara yang paling banyak menerima pasokan implan (Gunardi & Khusen, 2019). Di antara alat kontrasepsi lainnya, implan memiliki tingkat efektivitas tertinggi dalam mencegah kehamilan, yaitu 99,9% (Hill, 2019). Seperti IUD, pemasangan implan pun sangat praktis dan singkat. Bedanya, implan dipasang di bawah kulit pada bagian lengan atas. Sekali pasang, Anda akan terlindungi dari risiko kehamilan hingga 4 tahun lamanya. Oleh karena itu, metode Keluarga Berencana ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang fokus meniti karir. Salah satu jenis implan yang banyak digunakan di Indonesia adalah Andalan Implan.
  • Suntik KB
    Kalau Anda tidak ingin berkontrasepsi untuk jangka waktu yang relatif panjang, Anda pun bisa menggunakan suntik KB. Suntik KB ada dua macam, yaitu yang dilakukan 3 bulan sekali dan yang dilakukan 1 bulan sekali. Contohnya, ada Suntikan KB Andalan 3 Bulan, Suntikan KB Andalan 1 Bulan, dan Suntikan KB Harmonis 1 Bulan. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk proses penyuntikan, kemudian Anda bisa kembali bekerja.
  • Kondom
    Tidak sempat menjadwalkan kunjungan ke dokter atau bidan untuk program KB dan tidak ingin komitmen jangka panjang? Kondom adalah metode Keluarga Berencana yang paling sesuai untuk Anda. Anda hanya perlu menyediakan stok kondom di laci sebelah tempat tidur dan tinggal mengeluarkannya dengan mudah saat Anda membutuhkannya. Beberapa produk kondom populer di Indonesia misalnya Supreme, Fiesta, Andalan, dan Sutra.

Baca juga: Program Keluarga Berencana Bisa Melindungi Masa Depan Si Kecil, Ini Alasannya

Itulah 4 metode Keluarga Berencana yang paling praktis bagi Anda yang sedang meniti karir. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai topik ini, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp