Jangan Pandang Sebelah Mata, Ini 4 Keunggulan Susuk atau Implan KB

Keunggulan susuk KB

Banyak yang bilang, susuk KB bikin gemuk. Eits, tunggu dulu. Ini lho 4 keunggulan susuk KB.

Susuk KB kuno? Bisa bikin gemuk? Ah, kata siapa. Justru sebenarnya, cukup banyak lho keunggulan susuk KB. Memang ada sebagian orang yang mengalami kenaikan berat badan (BB) saat memakai susuk KB, tapi banyak studi yang membuktikan sebaliknya.

Baca Juga: Mengapa Pil KB Harus Diminum Setiap Hari Pada Jam yang Sama

Susuk atau implan KB adalah bentuknya seperti batang korek api, terbuat dari plastik yang fleksibel. Batang plastik ini ditanam di bawah kulit di lengan, oleh bidan atau dokter. Jangan takut, pemasangannya tidak sakit kok. Prosesnya hanya butuh waktu 15-20 menit, dan cukup dengan bius lokal saja. Setelah pemasangan, kamu bisa beraktivitas seperti biasa.

Cara Kerja Susuk KB

Di dalam susuk KB, terdapat hormon progesteron sintetis (progestogen), yang dilepaskan sedikit demi sedikit ke aliran darah setiap hari. Progestogen akan menjaga kadar progesteron dalam tubuh stabil. Hal ini mencegah terjadinya ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium ke tuba falopi. Tanpa ovulasi, tentu tidak akan terjadi kehamilan

Di samping itu progestogen dalam susuk KB juga membuat lendir rahim lebih kental, sehingga menyulitkan sperma untuk bergerak dan membuahi sel telur. Seandainya ovulasi tetap terjadi, dan sperma berhasil membuahi sel telur, sel telur yang dibuahi tadi akan sulit menempel di endometrium, karena lapisan dinding rahim ini menjadi lebih tipis dengan kehadiran progestogen.

4 Keunggulan Susuk / Implan KB

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa susuk KB bekerja dengan triple action. Bila digunakan dengan benar, efektivitas susuk KB mencapai >99% lho. Di bawah ini 4 keunggulan susuk KB.

  1. Praktis

    Kamu cukup sekali ke bidan atau dokter untuk memasang implan KB, dan implan bisa dipakai hingga sekian tahun. Praktis, dan cocok untuk yang pelupa. Sinoplant Andalan Implan efektif mencegah kehamilan selama 4 tahun. Susuk KB ini terdiri dari 2 batang implan, dengan kandungan 75 gr Levonorgestrel per batang.

  2. Aman untuk ibu menyusui

    Susuk KB hanya mengandung progesteron dan tidak mengandung estrogen, Progestogen tidak mengganggu produksi dan kualitas ASI, sehingga aman dipakai oleh ibu menyusui maupun yang baru melahirkan. Implan perlu dipasang selambatnya 21 hari setelah melahirkan, agar perlindungannya efektif ya.

  3. Murah

    Harga implan bervariasi. Namun karena cukup sekali beli untuk 4 tahun, maka harganya jadi relatif murah. Biaya pemasangan dan pelepasan pun hanya sekali dalam 4 tahun kan. Malah, kamu bisa mendapat layanan susuk KB gratis lho kalau menjadi peserta BPJS.

  4. Kesuburan cepat kembali

    Bagaimana kalau kemudian ingin punya anak, padahal pemakaian implan belum sampai 4 tahun? Tak perlu khawatir. Kamu bisa segera melepasnya ke bidan atau dokter, dan keseburuanmu akan segera kembali. Kamu juga bisa segera minta bidan untuk melepas susuk KB, bila ternyata efek samping yang kamu rasakan cukup mengganggu.

Baca Juga: Pil KB Bisa Mencegah Kista di Indung Telur?, Ini Alasannya!

Ada baiknya kamu berdiskusi dulu dengan profesional, sebelum memasang susuk KB. Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya