5 Alasan untuk Makan Cokelat ketika Menstruasi

Makan cokelat ketika menstruasi

Butuh alasan untuk makan cokelat ketika menstruasi? Yes we have plenty.

Apakah kamu termasuk yang suka cari-cari pembenaran atau alasan untuk makan cokelat? Artikel ini dijamin bikin kamu girang. Ternyata, menikmati cokelat itu bukan ‘dosa’. Malah, makan cokelat ketika menstruasi bisa bermanfaat. Asyik kan.

Baca Juga: Lima Drama Saat Menstruasi Tiba

Siapa yang tidak suka cokelat. Rasanya yang manis, agak pahit, dan tekstur lembut yang lumer di mulut, sukses membuat kita bahagia saat melumatnya. Namun, tak jarang cemilan ini dituding sebagai penyebab jerawat dan kegemukan, sehingga dihindari sebisa mungkin.

Memang, cokelat mengandung gula dan kalori cukup tinggi. Khususnya cokelat susu, yang mengandung kakao rendah, gula tinggi, dan ditambahkan susu untuk membuat teksturnya makin lembut. Untuk pilihan yang lebih sehat, kamu bisa pilih dark chocolate. Kandungan kakaonya tinggi (50-90%), dan gula lebih rendah.

Manfaat Makan Cokelat ketika Menstruasi

Yang dimaksud disini tentu saja dark chocolate ya, bukan cokelat susu. Di bawah ini adalah 5 alasan untuk makan cokelat ketika menstruasi. Penasaran kan?

  1. Mengurangi nyeri menstruasi
    Dark chocolate mengandung kalium dan magnesium, yang bisa mengurangi nyeri menstruasi dan nyeri menjelang haid. Kedua zat ini membantu fungsi otot tubuh, sehingga lebih meminimalkan terjadinya kram perut. Rasa kembung pun berkurang karena kalium menghentikan otot untuk menyimpan air.
  2. Melelehkan stres dan mood swing
    Kamu pasti sering mendengar, cokelat bisa memicu rasa bahagia. Ini karena dark chocolate mampu meningkatkan kadar serotonin dan endorfin di otak, yang disebut juga hormon bahagia. Sebaliknya, kadar “hormon stress” kortisol berkurang, dengan mengkonsumsi dark chocolate. Mood kamu pun membaik, dan perasaan lebih tenang. Pastinya, semua ini yang kamu butuhkan kala mood swing melanda selama PMS dan menstruasi.
  3. Membangkitkan energi
    Butuh tambahan semangat di jam genting sore hari? Dark chocolate bisa jadi pilihanmu. Cokelat mengandung kafein yang bisa membantumu bersemangat, tapi kadarnya tidak setinggi kopi, sehingga lebih nyaman dikonsumsi saat haid. Kombinasi kafein, endorfin, dan serotonin dalam dark chocolate, menjadi energy booster yang efektif.
  4. Membuat otot lebih rileks
    Kamu mungkin merasa, pinggul, perut, dan paha terasa pegal dan kaku saat menstruasi. Nah, kandungan magnesium dalam dark chocolate bisa membantu meredakan keluhan ini.
  5. Membuat kulit makin glowing
    Menjelang haid, kerap muncul jerawat. Alhasil, kulit jadi tampak kusam akibat bekas jerawat. No worries! Makan cokelat ketika menstruasi bisa membantu kulitmu lebih glowing. Kandungan besi, tembaga, dan seng dalam dark chocolate membantu melepaskan sel-sel kulit mati, sehingga tampaklah lapisan kulit baru yang segar dan cerah. Noda dan bekas jerawat pun jadi lebih samar. Belum lagi kandungan flavonoid, yang mengurangi peradangan di kulit.

Tentu, makanlah cokelat dengan bijak ya, jangan berlebihan. Dan, pilih yang kandungan kakaonya minimal 60%, dan gula sesedikit mungkin.

Baca Juga: Payudara Sakit saat Menstruasi, Apa yang Mesti Dilakukan?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya