7 Manfaat Ber-KB Untuk Kesehatan Perempuan

Manfaat kesehatan KB

Tidak hanya untuk merencanakan kehamilan, ber-KB juga memberikan manfaat kesehatan bagi perempuan.

Ingin membentuk keluarga yang bahagia dan ideal? Jawabannya adalah dengan melakukan Keluarga Berencana (KB), dengan begini kamu dan suami bisa punya persiapan yang matang dalam menyambut kehadiran sang buah hati dan juga memberikan kesempatan bagi tubuh kamu untuk pulih sempurna pasca melahirkan. Karena ber-KB tidak hanya sekadar menentukan jumlah anak tapi juga mengatur jarak antar kehamilan. Sehingga segala risiko kesehatan selama kehamilan dan persalinan, bisa diminimalisir dengan melakukan KB.

Baca Juga: Dear Suami, Begini Caranya Mendukung Istri Saat Ber-KB

Dan berterima kasihlah kepada teknologi kesehatan yang telah menemukan berbagai metode kontrasepsi modern sebagai cara untuk menjalani KB sambil menjaga kualitas hidup, khususnya kualitas hidup perempuan. Sebab saat ini kontrasepsi modern tidak hanya efektif untuk merencanakan kehamilan tapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh perempuan.

Penasaran bagaimana KB modern bisa memberikan manfaat kesehatan bagi perempuan? Berikut daftar lengkapnya:

  1. Membuat perempuan lebih percaya diri ketika memasuki masa kehamilan.

    Melahirkan generasi yang berkualitas, sebenarnya sangat tergantung pada bagaimana kebebasan perempuan dalam merencanakan kehamilan. Ini berarti perempuan diberi kepercayaan untuk bisa mengukur kesiapan dirinya, baik secara fisik maupun mental dalam memasuki masa kehamilan. Ketika perempuan mengetahui dirinya sudah siap untuk hamil, maka dengan sendirinya akan menjaga kesehatan selama kehamilan. Maka lahirlah generasi-generasi berkualitas.

  2. Membuat siklus menstruasi jadi lebih teratur.

    Kontrasepsi modern seperti pil KB yang beredar di pasaran saat ini, justru bisa mengatasi berbagai masalah hormon yang dihadapi perempuan. Misalnya saja untuk perempuan yang memiliki masalah menstruasi seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium, penggunaan pil KB justru bisa mereduksi segala masalah kesuburan yang muncul.

  3. Membuat menstruasi jadi minim rasa sakit.

    Kontrasepsi hormonal menurut penelitian justru membuat perempuan terbebas dari rasa nyeri selama menstruasi. Adalah Rachel K. Jones yang mengumumkan hasil penelitiannya pada 2011 lalu, bahwa 31% perempuan yang ber-KB hormonal ternyata memiliki masa-masa menstruasi yang lebih nyaman karena tanpa rasa sakit. Jones menjelaskan, rasa nyeri saat menstruasi sebenarnya kontraksi rahim yang kemudian membuat perut terasa keram dan sakit.

  4. Menghilangkan jerawat.

    Tubuh perempuan sangat akrab dengan momen fluktuasi hormon. Inilah yang juga memicu terjadinya jerawat. Kontrasepsi seperti pil kombinasi yang terdiri dari hormon estrogen dan progesteron, ternyata efektif untuk mencegah terjadinya jerawat.

  5. Mengatasi anemia.

    Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada 2017 menyebutkan satu dari tiga ibu di Indonesia mengalami anemia. Adapun penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Dan sekarang sudah ada pil KB yang juga dilengkapi dengan Ferrous Fumarate (zat besi) seperti Pil KB Andalan FE. Jadi kemungkinan anemia kambuh saat menstruasi bisa teratasi dengan konsumsi pil KB yang dilengkapi dengan zat besi.

  6. Mencegah terjadinya migrain saat menstruasi.

    Kalau kamu sering sakit kepala atau migrain saat menstruasi, penyebabnya adalah level hormon estrogen dan progesteron yang merosot menjelang siklus menstruasi dimulai. Maka KB hormonal yang mengandung estrogen dan progesteron akan memberikan manfaat lebih dengan mencegah terjadinya migrain. Beragam KB hormonal seperti pil, implan atau IUD bisa menjadi solusi atas migrain saat menstruasi.

  7. Mencegah terjadinya radang panggul.

    Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, ternyata membuat lendir serviks jadi lebih kental. Ini membuat virus jadi sulit untuk masuk dan menginfeksi. Artinya risiko terjadinya radang panggul pun bisa diminimalisir.

Baca Juga: KB Tradisional vs KB Modern, Mana yang Lebih Efektif?

Ternyata menggunakan KB tidak semenakutkan mitos-mitos yang beredar luas. Malah sebaliknya, KB modern justru memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh perempuan. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya