8 Teknik Melipat Menstrual Cup Biar Bebas Sakit Saat Dipakai

Teknik melipat menstrual cup

Teknik melipat menstrual cup penting untuk dipelajari untuk menemukan cara terbaik memakainya tanpa rasa sakit.

Sama seperti pembalut atau tampon, menstrual cup juga harus dipakai secara benar agar darah menstruasi bisa tertampung sempurna. Dan sebagai pemula, sangatlah wajar kalau kamu merasa bingung untuk memasukkan menstrual cup ke dalam vagina. Bentuk menstrual cup atau cawan menstruasi dengan pinggir atau “mulut” yang lebar pasti membuat kamu bingung atau bahkan takut untuk memasukkannya ke dalam vagina.

Baca Juga: Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Tentang Menstrual Cup

Itu mengapa kunci utama memakai menstrual cup dengan nyaman adalah dengan mengetahui teknik melipatnya. Tapi sebelum membahas secara detail teknik melipat menstrual cup, ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum mulai belajar cara melipatnya. Pertama, wajib diingat bahwa kamu harus mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir setiap kali mengeluarkan menstrual cup dari tempat penyimpanan dan ketika ingin memasukkan serta mengeluarkannya dari dalam vagina.

Kedua, karena berbahan lateks atau silikon, maka sebaiknya kamu membasahi mulut menstrual cup dengan air agar proses memasukkannya jadi lebih mudah. Selain membasahi dengan air, kamu juga bisa mengandalkan pelumas berbahan dasar air seperti Fiesta Intimate Natural Lubricant. Ketiga, ketika memasukkan menstrual cup, kamu harus dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru. Apalagi jika kamu pertama kali memakai menstrual cup, pasti merasa tegang. Kondisi ini bisa membuat otot-otot di sekitar vagina tegang dan membuat proses memasukkan menstrual cup jadi semakin sulit. Jadi, tariklah napas dalam dan hembuskan secara perlahan untuk menurunkan ketegangan.

Jika kamu sudah siap, waktunya belajar tentang 8 teknik melipat menstrual cup berikut ini:

  1. Teknik melipat menstrual cup membentuk huruf ‘C’ atau ‘U’:

    Bisa dibilang ini teknik yang paling familiar dicoba oleh perempuan yang pertama kali mencoba menstrual cup karena sangat mudah diaplikasikan. Jepit bibir menstrual cup dengan jari telunjuk dan ibu jari. Lalu lipat salah satu bibir menstrual cup ke dalam hingga membentuk seperti huruf C atau U.

  2. Teknik melipat punch down:

    Teknik ini lumayan digemari karena menstrual cup akan otomatis terbuka ketika di masukkan ke dalam vagina. Cara melakukannya adalah dengan memegang menstrual cup dengan satu tangan. Lalu dengan bantuan jari telunjuk, lipat salah satu bagian bibir menstrual cup ke dalam cangkir dan setelah itu jepit kedua sisinya untuk ‘mengunci’ lipatan.

  3. Teknik melipat menstrual cup membentuk diamond:

    Cara paling mudah untuk memvisualisasikan teknik melipat menstrual cup yang satu ini adalah membuat lipatannya seperti diamond atau jajaran genjang. Jepit bagian tengah menstrual cup dengan tangan kiri. Setelah itu dengan bantuan telunjuk tangan kanan, tariklah salah satu bibir menstrual cup ke bawah. Lalu dorong sisi kanan bibir menstrual cup hingga tumpeng tindih dengan sisi kiri bibir. Dengan begini, menstrual cup akan terbentuk seperti diamond.

  4. Teknik melipat menstrual cup membentuk huruf ‘M’:

    Pegang menstrual cup dengan kedua tangan. Lalu jari telunjuk dan ibu jari tangan kiri mencubit sisi kiri bibir menstrual cup. Secara bersamaan jari telunjuk serta ibu jari tangan kanan mendorong sisi kanan bibir menstrual cup hingga menyelubungi sisi kirinya. Dengan begini menstrual cup akan terlihat seperti huruf ‘M’.

  5. Teknik melipat menstrual cup membentuk huruf ‘S’:

    Pegang menstrual cup dengan kedua tangan. Lalu cubit salah satu sisi bibir menstrual cup dengan jari telunjuk dan ibu jari. Sementara itu ibu jari tangan yang lain mendorong sisi yang berlawanan hingga membentuk huruf ‘S’.

  6. Teknik melipat menstrual cup membentuk origami:

    Pegang menstrual cup dengan kedua tangan, lalu salah satu ibu jari mendorong sisi bibir menstrual cup. Dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, tekuklah sisi menstrual cup yang berlawanan ke bawah hingga membentuk seperti origami.

  7. Teknik melipat menstrual cup membentuk angka ‘7’:

    Pegang menstrual cup dengan kedua tangan. Lalu salah satu ibu jari mendorong bagian tengah menstrual cup dan sisi kanan bibir menstrual cup ditekuk ke bawah. Setelah itu tekuk juga sisi kiri bibir menstrual cup ke bawah.

  8. Teknik melipat menstrual cup membentuk segitiga:

    Jepit kedua sisi menstrual cup lalu tekuk salah satu sisi bibir secara diagonal. Teknik ini mirip dengan membentuk angka ‘7’ hanya saja sudut yang dilipat melewati sisi berlawanan menstrual cup.

Untuk bisa menemukan teknik melipat menstrual cup yang sesuai dengan tingkat kenyamanan kamu, tentu harus dicoba satu per satu. Jangan langsung putus asa di percobaan pertama, intinya adalah mencobanya terus menerus sampai kamu menemukan teknik yang benar-benar bikin kamu nyaman setiap kali memasukkan menstrual cup ke dalam vagina.

Baca Juga: Berapa Lamakah Masa Pakai Menstrual Cup?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya