Berapa Lamakah Masa Pakai Menstrual Cup?

Masa pakai menstrual cup

Meski tahan lama, tapi menstrual cup biasanya perlu diganti setiap 2-4 tahun sekali.

Keunggulan menstrual cup adalah bisa dipakai berkali-kali. Ini membuat menstrual cup sebagai alat bantu menstruasi yang paling ekonomis. Daya tampungnya yang besar membuat menstrual cup tetap aman dipakai sampai 10 jam. Tak hanya itu, proses pemakaian kembali pun terbilang praktis. Kamu cukup memasukkan cawan menstruasi ke ujung vagina supaya darah menstruasi ditampung dalam menstrual cup.

Baca Juga: Tujuh Tanda saatnya Kamu Beralih ke Menstrual Cup

Ciri-ciri menstrual cup tidak layak pakai.

Bandingkan dengan pembalut haid sekali pakai. Dalam sehari kamu bisa memerlukan 6-8 buah pembalut setiap hari selama menstruasi. Tampon juga tidak begitu berbeda jauh. Artinya secara finansial, pengeluaran untuk pembalut dan tampon jauh lebih besar ketimbang memakai menstrual cup.

Lalu sebenarnya berapa lamakah usia masa pakai menstrual cup. Beberapa merek menstrual cup mengklaim produknya bisa dipakai hingga 10 tahun, karena materialnya lateks atau silikon yang lebih tahan lama. Tapi kebanyakan pengguna menstrual cup mengganti baru setelah 2-4 tahun dipakai. Ini sangat tergantung dari cara pembersihan dan penyimpanan menstrual cup. Jika kamu melakukannya dengan benar maka masa pakai menstrual cup jadi lebih panjang. Karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui cara pembersihan dan penyimpanan menstrual cup melalui artikel ini:
Begini Caranya Bersihkan dan Simpan Menstrual Cup dengan Benar

Mengapa proses pembersihan dan penyimpanan menstrual cup menjadi krusial? Jika kamu tidak membersihkan dan mensterilisasi dengan benar, maka menstrual cup bisa jadi berubah warna, berbau dan terasa lengket. Apabila ini terjadi pada menstrual cup kamu, maka tidak ada tawar menawar lagi. Waktunya membeli baru menstrual cup. Karena itu adalah ciri-ciri menstrual cup yang tidak layak pakai.

Faktor penyebab menstrual cup berubah warna dan berbau.

Menjaga menstrual cup selalu bersih dan disimpan dengan benar sangatlah penting dalam penggunaan alat bantu menstruasi ini. Biasanya ketika volume darah menstruasi sedang banyak, sering kali para pengguna menstrual cup membersihkannya dengan terburu-buru. Alhasil noda darah yang menempel juga meninggalkan ‘jejak bau’.

Biasanya sisa darah menstruasi ‘tersangkut’ pada bagian batang menstrual cup, khususnya di bagian lubang kecilnya. Itu luangkan waktu lebih banyak ketika membersihkan menstrual cup, terutama di malam hari agar noda darah menstruasi yang menempel bisa terlepas dengan tuntas. Jika terasa sulit untuk membersihkan noda yang ada di dalam menstrual cup, kamu bisa menggunakan tusuk gigi secara hati-hati.

Setelah noda darah menstruasi berhasil dilepaskan, biarkanlah menstrual cup kering dengan sendirinya dan bisa juga kamu membiarkannya dijemur di bawah sinar matahari. Tapi jangan terlalu lama, cukup sekitar 5 menit. Atau bisa juga dengan langsung mensterilisasi menstrual cup kamu dengan cara merendamnya pada air mendidih selama 5-10 menit. Pastikan semua permukaan menstrual cup terendam sempurna sehingga semua bagian tersterilisasi dengan optimal.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi menstrual cup sebelum dipakai di awal siklus menstruasi. Cuci tangan kamu terlebih dahulu lalu keluarkanlah menstrual cup dari tempatnya. Setelah itu, arahkan menstrual cup di bawah sinar matahari lalu amati apakah ada perubahan warna, bentuk atau bau. Jika perubahan warnanya tidak signifikan, menstrual cup bisa segera dipakai. Dan jika baunya hilang setelah dibersihkan, maka menstrual cup juga bisa langsung dipakai. Tapi jika menstrual cup kamu sudah berubah bentuk, baik dari tampilan bibir menstrual cup yang sudah tidak rata atau permukaannya yang mulai ada garis-garis halus maka sebaiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

Intinya sangat penting bagi kamu untuk memahami betul seluk beluk tentang menstrual cup serta bagaimana perawatan area kewanitaan saat menstruasi. Karena jika area kewanitaan kamu tidak bersih maka potensi terjadinya jamur jadi sangat tinggi. Jika diperlukan, bersihkan area kewanitaan dengan Andalan Feminine Care Intimate Wash yang mengandung probiotik alami dengan menjaga keseimbangan pH sekitar vagina.

Baca Juga: Melepas Menstrual Cup saat ke Toilet, Perlu Tidak Ya?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya