Adakah Makanan yang Bisa Pengaruhi Keputihan dan Aroma Miss V?

keputihan-aroma-vagina

Kamu mungkin pernah mendengar mitos yang menyebut apa yang kita makan bisa berpengaruh pada aroma vagina, bahkan memicu keputihan. Di antaranya adalah buah nanas dan mentimun yang bisa membuat vagina “lebih becek”.

Walau mitos itu dipercaya banyak orang, namun belum ada penelitian yang menyimpulkan kebenarannya.

Baca Juga: Kenali Tanda Keputihan Tidak Normal dari Warna Cairan Vagina

Namun, sebagian orang mengaku aroma vaginanya berubah ketika mereka banyak mengonsumsi buah, sayuran, atau rempah. Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula juga diketahui bisa membuat keputihan lebih sering.

Selama ini para dokter telah memperingatkan pengaruh konsumsi antibiotik pada terganggunya flora vagina sehingga dapat memicu rasa gatal dan juga bau tidak sedap.

Biasanya gangguan itu bersifat sementara dan akan kembali normal ketika kita sudah tidak mengkonsumsi obat. Kita juga bisa menjaga keseimbangan flora vagina dengan mengonsumsi sumber probiotik dan menghindari melakukan douching.

Walau begitu, tidak perlu terlalu khawatir dengan aroma vagina karena pada dasarnya sangat normal jika vagina memiliki bau yang khas.

Keputihan sendiri tidak terkait dengan asupan makanan tetapi disebabkan karena infeksi jamur dan bakteri di vagina. Kondisi ini dapat dialami semua perempuan pada usia berapa pun.

Untuk mencegah keputihan, yang utama adalah menjaga kebersihan organ genital. Saat mandi bersihkan area ini dengan air tanpa sabun untuk sehari-hari.

Namun, pada saat tertentu, misalnya saat menstruasi, kita bisa membersihkannya dengan sabun khusus kewanitaan yang bisa menjaga pH vagina, misalnya Andalan Fresh Intimate Wash.

Hindari menggunakan douching atau semprotan pembersih vagina atau menggunakan sabun yang mengandung pewangi.

Terakhir, gunakan pakaian dalam yang bisa menyerap keringat seperti bahan katun saat kita beraktivitas.

Keputihan pada dasarnya adalah hal yang normal, tetapi ada kondisi yang harus diwaspadai, misalnya jika timbul rasa gatal mengganggu, cairan berwarna kekuningan atau hijau, berbau tidak sedap, dan ada sensasi terbakar saat buang air kecil. Jika menemukan gejala ini coba periksakan ke dokter.

Baca Juga: Salah Perlakukan Celana Dalam Bisa Bikin Keputihan

Informasi seputar keputihan dan cara mengatasinya bisa juga kamu dapatkan dengan berkonsultasi ‎ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya