Kenali Tanda Keputihan Tidak Normal dari Warna Cairan Vagina

Kenali gejala keputihan

Warna dan tekstur cairan yang keluar dari vagina bisa menjadi petunjuk dan tanda keputihan tidak normal. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih susu atau putih dan tidak berbau.

Namun terkadang, ketidakseimbangan bakteri di vagina dapat menyebabkan keputihan berubah warna. Pernahkah kamu mengalami keputihan berwarna coklat atau kekuningan? Atau mungkin keputihan kamu berwarna hijau, putih, berdarah atau gelap.

Baca Juga: Tiga Pemicu Keputihan yang Mengganggu

Tanda Keputihan Tidak Normal

Perubahan warna cairan atau lendir vagina bisa menjadi pembeda antara keputihan normal dan tidak normal. Apa maksud dari perubahan warna sebagai tanda keputihan tidak normal?

Perubahan volume cairan juga menjadi tanda keputihan tidak normal termasuk bau atau tekstur cairan vagina yang berubah. Selain itu, keputihan tidak normal juga ditandai dengan iritasi, gatal atau rasa terbakar di dalam atau di sekitar vagina.

Kombinasi dari faktor-faktor ini dapat membantu mengungkapkan apa yang mungkin terjadi dalam tubuh kamu. Mari kita lihat perbedaan warna keputihan, apa yang mungkin menandakannya, gejala terkait lainnya, dan apa yang dapat kamu lakukan:

Jenis Cairan Vagina Pertanda Gejala Lainnya Apa yang Harus Dilakukan
Putih atau seperti susu Normal Tidak ada Tidak perlu melakukan apapun
Tebal dan putih Infeksi jamur Vagina terasa gatal, panas seperti terbakar, kemerahan, dan nyeri. Beberapa wanita juga mengalami nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks dengan sedikit bengkak di vulva Konsultasikan dengan dokter atau bisa berkonsultasi ke Halo DKT
Putih kekuningan atau abu-abu Infeksi bakteri (vaginosis bacterial) Berbau amis, gatal, dan bengkak di vagina Segera berobat ke dokter atau berkonsultasi ke Halo DKT
Kuning kehijauan Trikomoniasis Berbau busuk, dan tekstur cairan tebal Segera berobat ke dokter atau berkonsultasi ke Halo DKT
Kecoklatan bersampur darah Menstruasi atau jika belum masuk siklus, ada masalah di organ reproduksi Nyeri rongga panggul atau perdarahan vagina Segera ke dokter atau berkonsultasi ke Halo DKT
Kekuningan dan tebal Gonorrhea Nyeri panggul Segera ke dokter atau berkonsultasi ke Halo DKT

Baca Juga: Pertanyaan Wajib Soal Keputihan Saat Konsultasi ke Dokter

*Konsultasi melalui Halo DKT bisa menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

artikel lainnya