Apakah Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui Aman bagi Bayi?

Kontrasepsi Untuk Ibu Menyusui

Mengatur jarak kelahiran antara anak pertama dengan anak berikutnya merupakan sesuatu yang sangat penting. Soalnya, jarak kelahiran yang terlalu dekat berisiko menyebabkan hambatan perkembangan serta kematian bayi (Molitoris, Barclay & Kolk, 2019; Dhingra & Pingali, 2021). Selain itu, perencanaan kehamilan yang matang juga akan memungkinkan orangtua untuk berinvestasi lebih besar pada tiap-tiap anak (WHO, 2018). Oleh karena itu, ibu yang memiliki bayi disarankan untuk menggunakan kontrasepsi untuk ibu menyusui agar bisa menunda kehamilan berikutnya hingga jarak yang ideal.

Baca Juga: Infeksi Menular Seksual Trikomoniasis Jarang Bergejala, tapi Berisiko bagi Kehamilan

    Kontrasepsi untuk ibu menyusui ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

  • Kondom
  • Pil KB Laktasi
  • Suntikan KB 3 Bulanan
  • KB Implan
  • IUD Tembaga

Walaupun berbeda-beda, terdapat satu persamaan umum. Kontrasepsi untuk ibu menyusui biasanya tidak mengandung hormon estrogen. Sebagian hanya mengandung hormon progesteron saja, misalnya pil KB laktasi, suntikan KB 3 bulanan, dan KB implan. Sementara itu, sebagian lagi tidak mengandung hormon sama sekali, seperti kondom dan IUD tembaga.

Di kalangan awam, hal yang sering dikhawatirkan dari kontrasepsi untuk ibu menyusui adalah kandungan hormonnya. Padahal, sebenarnya hormon progesteron dalam pil KB, suntikan KB, dan KB implan sudah terbukti aman. Berdasarkan hasil penelitian, ibu yang menggunakan kontrasepsi dengan kandungan hormon progesteron saja bayinya tetap tumbuh dengan normal, tanpa gangguan kesehatan maupun hambatan apapun dari segi perkembangannya (Phillips, Tepper, Kapp, et al., 2016).

    Ingin mencoba kontrasepsi untuk ibu menyusui? Kamu dan pasanganmu bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai sejumlah pilihan dibawah ini:

  • Pil KB Andalan Laktasi
    Dikenal sebagai sahabat untuk ibu menyusui, kontrasepsi yang satu ini mengandung 0,5 mg Linestrol (hormon progesteron) di dalam setiap tabletnya. Cara menggunakannya sangat sederhana. Pil tinggal diminum sebutir tiap hari pada jam yang sama. Selain memiliki efektivitas yang tinggi, pil KB Andalan Laktasi juga aman bagi ibu menyusui, aman bagi bayi, dan tidak akan mengganggu produksi serta kualitas ASI.
  • Suntikan KB 3 Bulanan Andalan
    Bagi yang pelupa dan kurang yakin bisa konsisten minum pil setiap hari, suntikan KB 3 bulanan Andalan bisa menjadi alternatif yang baik. Dengan kandungan 150 mg Medroxyprogesterone Acetate (hormon progesteron), tiap suntikan bisa memberi perlindungan dari risiko kehamilan selama 3 bulan. Efektivitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Suntikan KB ini juga aman bagi ibu menyusui dan bayinya.
  • Andalan Implan
    “Saya ingin si Kecil mandiri dulu sebelum dia punya adik, apa bisa?” Tentunya bisa. Jika kamu ingin menunda kehamilan hingga anak bisa makan dan berpakaian sendiri di usia 4 tahun, misalnya, maka implan KB merupakan pilihan yang tepat. Andalan Implan mencegah kehamilan dengan masa perlindungan 4 tahun. Implan ini terdiri dari 2 batang mungil seukuran korek api yang dimasukkan oleh dokter atau bidan ke bawah permukaan kulit di lengan bagian atas. Pemasangannya singkat, praktis, dan tidak membutuhkan operasi. Tiap batang implan mengandung 75 mg Levonorgestrel (hormon progesteron) yang bisa mencegah kehamilan tanpa memengaruhi produksi dan kualitas ASI, serta bebas dari risiko bahaya apapun bagi si Kecil.

Baca Juga: Lima Cara Agar Hamil Anak Perempuan

Pada akhirnya, kamu dan pasanganmu tak perlu khawatir soal kandungan hormon dalam kontrasepsi untuk ibu menyusui, sebab hormon progesteron telah terbukti aman bagi bayi. Meskipun begitu, bila memang menginginkan alternatif kontrasepsi non-hormonal, bisa juga menggunakan kondom atau IUD tembaga. Hal yang paling penting adalah memilih kontrasepsi yang memang paling sesuai dengan kebutuhan. Masih memiliki pertanyaan? Kamu bisa berkonsultasi dengan Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya