Awet Muda dengan Program Keluarga Berencana, Ini Rahasianya

Tampil awet muda merupakan sesuatu yang diidam-idamkan banyak orang. Tidak mengherankan kalau dompet pun seringkali terkuras demi kulit kencang bebas jerawat serta tubuh ideal. Ternyata Anda juga bisa tampil awet muda dengan cara yang lebih mudah. Salah satunya yaitu dengan mengikuti program Keluarga Berencana. Berikut rahasianya.

  • Dengan menunda punya anak, Anda lebih mudah mempertahankan bentuk tubuh
    Tubuh manusia memang seringkali berubah seiring dengan usia. Pada umumnya, setelah menikah kebanyakan pasangan akan mengalami kenaikan berat badan, baik laki-laki maupun perempuan (Wilson, 2012). Bagi perempuan yang sudah pernah hamil dan melahirkan, bentuk tubuh pun jadi berbeda. Sebagian orang tidak menganggap ini masalah, sebab perubahan ini merupakan konsekuensi dari pilihan untuk menjadi seorang ibu dan tidak mengurangi nilai dari diri perempuan. Akan tetapi setiap perempuan berbeda dan berhak punya pilihannya masing-masing. Jika bentuk tubuh adalah sesuatu yang penting bagi Anda, entah karena prinsip pribadi atau tuntutan pekerjaan, Anda mungkin ingin menunda kehamilan terlebih dahulu. Memang, Anda masih bisa berolahraga serta mengatur pola makan agar kembali ke bentuk tubuh semula setelah punya anak, namun dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang besar. Mencegah atau menunda kehamilan dengan kontrasepsi merupakan alternatif yang lebih mudah.
  • Kandungan hormon estrogen dan progesteron dalam kontrasepsi membantu menjaga kulit
    Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi hormonal, kandungan hormon di dalamnya bisa membantu mengatasi jerawat (Harper, 2016). Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon di dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Alhasil, kulit pun terlihat lebih cerah, tidak kusam, serta lebih awet muda. Contoh alat kontrasepsi hormonal yang bisa Anda gunakan di Indonesia misalnya pil KB Andalan, pil KB Andalan FE, dan suntikan KB Andalan.
  • Dengan membatasi ukuran keluarga, Anda mengurangi tingkat stres
    Meskipun menjadi seorang ibu bisa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi sejumlah perempuan, kenyataannya tanggung jawab membesarkan anak juga bisa memicu stres (Williamson, McCabe, O’Hara, et al., 2013). Stres yang berlebihan dapat mempercepat penuaan. Akibatnya, Anda jadi kurang tidur, memiliki kantung mata yang berlapis, serta punya banyak kerutan wajah. Stres pun bisa memicu emotional eating, yaitu kebiasaan menggunakan makanan sebagai suatu bentuk ‘pelarian’ setiap kali menghadapi emosi negatif (Bennett, Greene, & Schwartz-Barcott, 2013). Kondisi-kondisi seperti ini bisa mempersulit upaya Anda untuk tetap awet muda. Oleh karena itu, segalanya harus disesuaikan dengan kesanggupan. Jika sudah kalang kabut mengurus 2 anak, sebaiknya Anda dan pasangan Anda mempertimbangkannya lagi matang-matang sebelum mengasuh anak ketiga. Kalau ragu, tidak ada salahnya berkontrasepsi. Dengan membatasi ukuran keluarga, Anda bisa menurunkan tingkat stres dan hidup lebih sejahtera.
  • Dengan mengikuti program KB, Anda punya lebih banyak waktu untuk perawatan diri
    Program Keluarga Berencana bisa memberikan Anda lebih banyak waktu luang, sehingga Anda pun bisa istirahat yang cukup dan memanjakan diri dengan perawatan. Ingin maskeran atau luluran? Segalanya bisa Anda lakukan dengan waktu ekstra yang dimiliki.

Baca juga : Program Keluarga Berencana Bisa Melindungi Masa Depan Si Kecil, Ini Alasannya

Itulah 4 rahasia awet muda dengan program Keluarga Berencana. Jika Anda ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp