Program Keluarga Berencana Bisa Melindungi Masa Depan Si Kecil, Ini Alasannya

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua demi menjamin masa depan si kecil. Salah satunya adalah melalui program Keluarga Berencana. Berikut 5 manfaat program KB bagi si kecil.

  1. Si kecil lebih sehat
    Hamil terlalu muda, terlalu tua, atau berturut-turut bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, bahkan kematian ibu dan bayi (WHO). Ibu bisa keguguran atau melahirkan secara prematur. Bayi dapat lahir dengan berat badan rendah dan kesehatan yang kurang optimal, sesuatu yang pastinya nggak diinginkan oleh orangtua manapun. Nah, program Keluarga Berencana bisa membantu menghindari ini dengan mencegah kehamilan berisiko. Nggak perlu khawatir, sebab Anda bisa memutuskan untuk hamil nantinya jika memang sudah benar-benar siap. Dengan begitu, kesehatan si buah hati pun lebih terjamin.

  2. Kebutuhan material si kecil bisa lebih terpenuhi
    Membesarkan anak butuh biaya yang mahal. Dengan menunda atau mencegah kehamilan di saat isi rekening sedang pas-pasan, Anda dan pasangan bisa punya waktu lebih untuk menabung terlebih dahulu. Jadi, segala kebutuhan si kecil nantinya akan bisa terpenuhi. Hal ini tentunya akan lebih sulit jika kehamilan tidak direncanakan dengan baik.

  3. Si kecil mendapatkan perhatian yang cukup
    Membatasi jumlah anak atau mengatur jarak kelahiran dengan jeda minimal 3-4 tahun sangat bermanfaat bagi keluarga (UNICEF). Dengan cara ini, si kecil mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup. Soalnya, hamil dengan jarak yang terlalu dekat berisiko menyebabkan kematian ibu. Selain itu, jika ibu terlalu cepat hamil lagi, si buah hati kemungkinan besar belum siap untuk berbagi perhatian dengan calon adiknya.

  4. Si kecil lebih bahagia
    Ketika anak lahir di luar perencanaan orangtua, ini bisa memicu banyak pertengkaran rumah tangga dan mengancam pernikahan Anda. Bayangkan betapa sedih dan cemasnya si kecil jika orangtuanya nggak harmonis. Melalui program keluarga berencana, pasangan bisa mencegah kehamilan di momen yang kurang tepat (Sonfield, Hasstedt, et al., 2013). Jadi, kesehatan mental si kecil pun akan lebih terjamin.

  5. Pendidikan si kecil lebih terjamin
    Faktanya, anak-anak dengan jumlah kakak / adik yang lebih sedikit biasanya punya kesempatan lebih besar untuk sekolah lebih tinggi (WHO, 2018). Meskipun ada program iuran sekolah gratis dari pemerintah, Anda sebagai orangtua tetap harus memikirkan berbagai biaya lain demi mendukung pendidikan sang buah hati, mulai dari uang pendaftaran sekolah, uang buku, alat tulis, seragam, ongkos pergi dan pulang ke sekolah, kunjungan wisata, pentas seni, hingga membeli laptop atau smartphone untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang sudah serba canggih di era teknologi ini. Selain itu pun tmasih banyak lagi biaya lain yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin si kecil nantinya bisa memiliki gelar sarjana, master, atau bahkan profesor, pertimbangkanlah untuk mengikuti program Keluarga Berencana.

Baca juga : Ini 4 Alasan Mengikuti Program Keluarga Berencana Meskipun Belum Menikah

Mudah-mudahan Anda sudah lebih bisa membayangkan manfaat-manfaat mengikuti program Keluarga Berencana bagi masa depan si kecil. Jika Anda masih bingung atau memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
WhatsApp chat