Bahaya Menggunakan Kondom Bekas Pakai!

Bahaya menggunakan kondom bekas

Kondom memiliki peran mengurangi resiko penularan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Setiap kali melakukan hubungan seksual, pastikan kondom selalu baru.

Bahkan, dalam satu sesi bercinta, kamu perlu menyediakan lebih dari satu kondom baru jika kamu akan beralih dari seks oral ke seks penetrasi vaginal maupun anal. Jangan menggunakan kondom yang sudah digunakan untuk penetrasi untuk oral seks. Karena ini berpotensi memindahkan kuman ke rongga mulut.

Baca Juga: Cara Membuang Kondom dengan Benar

Kondom baru adalah wajib hukumnya. Mengapa? Kondom bekas pakai tidak dijamin kebersihannya dari virus atau bakteri yang tidak terlihat. Alasan kedua, kondom hanya akan efektif jika ukurannya pas.

Kondom yang pernah dipakai dan kamu gunakan lagi sudah tentu ukurannya sudah melar, sehingga ada kemungkinan terlepas saat digunakan.

Selain itu, ada risiko kondom bekas pakai lebih mudah robek, pecah, atau berlubang, meskipun kerusakannya sangat kecil dan tidak bisa Kamu lihat.

Jadi, apa yang harus Kamu lakukan jika tidak ada cadangan kondom lain?

Jika Kamu memilih kondom untuk melindungi Kamu dan pasangan dari penularan IMS atau kehamilan yang tidak diinginkan, dan kebetulan tidak memiliki kondom baru, jangan melakukan tindakan seksual apa pun yang berisiko. IMS genital dapat ditularkan melalui seks vaginal, oral, atau anal.

Meskipun tidak melakukan seks oral maupun penetrasi vaginal, karena tidak memiliki kondom baru, kamu tetap bisa melakukan aktivitas seksual yang menyenangkan, seperti seks manual dengan jari, atau melakukan masturbasi bersama. Jika memang penularan IMS melalui seks oral tidak terlalu menjadi masalah buat Kamu, boleh juga melakukan seks oral.

Meskipun tanpa penetrasi, kamu dan pasangan mencapai kepuasan atau orgasme. Keintiman bisa dibangun dengan komunikasi yang baik, dan saling mengerti di antara kamu dan pasangan.

Baca Juga: Dampak Menggunakan Kondom Expired

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

konseling kb

Mengapa Konseling KB Penting?

Ketika tiba saatnya memilih metode KB, seringkali kamu dihadapkan pada kebingungan menentukan metode yang akan digunakan. Inilah waktunya untuk datang ke dokter atau ahli kesehatan

Read More »