Dampak Menggunakan Kondom Expired

Kondom pria adalah salah satu jenis kontrasepsi yang paling umum digunakan. Setiap tahun, lebih dari 400 juta kondom dijual di Amerika Serikat.

Kondom sangat mudah digunakan, dan efektif mencegah kehamilan selama pemakaiannya benar. Namun, tetap saja banyak pria menggunakan kondom dengan cara yang salah. Salah satu kesalahan umum adalah menggunakan kondom yang sudah lewat masa pakai, atau expired.

Ya, tidak hanya makanan dan minuman saja yang memiliki masa kadaluarsa. Kondom juga ada masa pakainya. Pria menggunakan kondom expired umumnya karena terburu-buru dan tidak sempat menyiapkan kondom baru.

Kondom memiliki tanggal kadaluarsa karena suatu alasan. Seiring waktu, bahan kondom (termasuk lateks, poliuretan,atau kulit domba) akan terdegradasi dan menjadi rapuh. Ketika kondom kurang fleksibel, mereka lebih mudah pecah atau robek. Jadi, menggunakan kondom kedaluwarsa membuat kamu berisiko lebih besar tertular infeksi menular seksual atau hamil.

Cara terbaik untuk memeriksa tanggal kadaluarsa adalah dengan membaca apa yang tercetak pada bungkus kondom sebelum menggunakannya. Secara umum, sebagian besar kondom lateks dan poliuretan akan memiliki tanggal kadaluarsa sekitar lima tahun setelah tanggal pembuatan.

Kondom poliisoprena cenderung memiliki umur simpan yang lebih pendek, tetapi masih layak kondisinya meski disimpan sekitar tiga tahun. Dan jika kamu menggunakan kondom alami non-lateks, seperti yang terbuat dari kulit domba, perlu diingat bahwa kondom jenis ini cenderung memiliki umur pakai yang paling.

Selain memeriksa ulang tanggal, pastikan untuk memeriksa bungkusnya dari lubang atau robekan. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa atau menekan pembungkusnya. Jika kamu merasakan bantalan udara, berarti kondom masih layak pakai.

Setelah membuka kondom, jika terasa kering, berbau aneh atau kamu melihat ada lubang, kamu harus membuangnya dan mendapatkan yang baru. Jika kamu tidak melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan, atau jika tidak terbaca, ikuti aturan “Jika ragu, buang saja.”

Selalu pastikan bahwa kondom yang akan kamu gunakan belum melewati tanggal kadaluarsa. Jika sudah, maka akan kurang efektif mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual (PMS).

Jika Kamu ingin tahu seputar produk kondom berkualitas, Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

WhatsApp chat