Begini Cara Kerja Test Pack dalam Mendeteksi Kehamilan

Cara Kerja Test Pack

Cara paling mudah untuk mendeteksi kehamilan adalah dengan menggunakan test pack. Dijual secara bebas, test pack bisa dibeli tanpa resep dan digunakan di rumah. Menginter-pretasikan hasilnya pun bisa dilakukan sendiri tanpa butuh bantuan dokter atau bidan.

Test pack bekerja dengan mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urin. Setelah sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma mulai menempel di dinding rahim, sel tersebut biasanya akan mengeluarkan hormon hCG. Di awal masa kehamilan, kadar hCG bisa meningkat secara drastis dan berlipat ganda setiap 2-3 hari sekali (Jensen & Stewart, 2015).

Baca Juga: Hamil Tapi Test Pack Negatif, Bisa Jadi Hamil Anggur

HCG mulai bisa dideteksi oleh test pack dengan kepekaan yang tinggi paling cepat 7 hari setelah pembuahan (Regan, 2019). Hasil test pack bisa saja negatif apabila digunakan terlalu dini atau jika kadar hCG di dalam urin masih terlalu rendah. Jadi, biasanya test pack disarankan untuk digunakan beberapa hari setelah lewatnya jadwal menstruasi.

Begini Cara Kerja Test Pack dalam Mendeteksi Kehamilan

Salah satu brand test pack populer berkualitas tinggi di Indonesia adalah Andalan Pregnancy Test.    Test pack berbentuk strip yang satu ini memiliki tingkat kepekaan hingga 25ml hCG/ml urin. Keakuratannya pun mencapai 99%.

Untuk menggunakan test pack, caranya sangat mudah.

  • Carilah sebuah wadah yang bersih dan kering untuk menampung urin.
  • Bila memungkinkan, usahakan untuk buang air kecil pertama kali di pagi hari, sebab kadar hCG saat bangun tidur biasanya paling tinggi.
  • Buka kemasan aluminium dan keluarkan strip untuk menguji.
  • Selama setengah menit, celupkan strip ke dalam sampel urin hingga bagian bawah garis biru terendam.
  • Angkat kembali strip yang baru dicelupkan dan tunggulah 1-3 menit.
  • Periksalah hasil tes yang muncul.

Bagaimana caranya tahu bila hasilnya positif? Ketika hCG bersentuhan dengan urin, warna pada stripnya akan berubah. Pertama, satu buah garis biru akan muncul untuk menandakan bahwa alat tesnya berfungsi. Beberapa menit kemudian, akan muncul garis biru kedua untuk menandakan adanya kehamilan (Regan, 2019). Ada baiknya menggunakan test pack lagi untuk yang kedua kalinya sekitar seminggu setelah penggunaan test pack yang pertama. Soalnya, sel telur yang sudah dibuahi masih bisa gagal menempel di dinding rahim dan menyebabkan hasil tes yang sebelumnya sudah positif disusul dengan hasil negatif. Kalau hal ini terjadi, beberapa hari setelahnya tubuh akan mengalami menstruasi.

Baca Juga: Tampil Cantik, Glowing, dan Terlindungi dengan Elzsa

Begitulah penjelasan singkat mengenai cara kerja test pack dalam mendeteksi kehamilan. Jika kamu ingin berkonsultasi, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya