Begini Caranya Bersihkan dan Simpan Menstrual Cup dengan Benar

Bersihkan simpan menstrual cup

Menjaga kebersihan menstrual cup sebelum dan setelah dipakai akan meminimalisir risiko iritasi pada vagina.

Jadi kamu sudah yakin beralih dari pembalut haid ke menstrual cup? Pilihan yang tepat sekali, karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memakai menstrual cup. Manfaatnya tidak hanya untuk kamu saja, tapi juga untuk lingkungan. Dengan beralih ke menstrual cup, itu artinya kamu telah ikut mengurangi limbah pembalut haid yang sulit sekali terurai. Kandungan plastik pada pembalut lah yang membuatnya tidak bisa terurai yang kemudian mencemari tanah.

Baca Juga: Cara Keluarkan Menstrual Cup yang Nyangkut

Tapi yang harus menjadi perhatian dari penggunaan menstrual cup adalah kamu harus menjaga kebersihannya sebelum dan setelah dipakai. Menstrual cup yang bersih akan melindungi organ kewanitaan kamu dari risiko iritasi. Itu mengapa kamu harus mengerti betul bagaimana cara membersihkan dan menyimpannya, agar menstrual cup tetap dalam keadaan steril sebelum dipakai. Dan beginilah caranya:

  1. Sterilisasi menstrual cup sebelum dipakai pertama kali.

    Sebelum mengeluarkan menstrual cup dari kemasannya, pastikan kedua tangan kamu dalam keadaan bersih. Jadi cucilah tangan terlebih dahulu ya. Setelah itu keluarkan menstrual cup dari kemasan dan masukkan ke dalam air mendidih. Rendam menstrual cup selama 10 menit. Kamu bisa juga membalikkan menstrual cup sesekali untuk memastikan semua areanya terendam air panas, plus tidak ada bagian yang menempel pada wadah karena bisa membuatnya lengket.

  2. Membersihkan menstrual cup saat menstruasi.

    Menjaga kebersihan produk sanitari yang digunakan selama menstruasi sangatlah penting, karena ini akan mempengaruhi kesehatan organ intim kamu. Sebelum mengeluarkan menstrual cup dari dalam vagina, cuci kedua tangan kamu terlebih dahulu. Setelah dikeluarkan, buang darah menstruasi pada saluran pembuangan kloset lalu bilaslah menstrual cup di bawah air mengalir. Mengapa di bawah air mengalir? Tujuannya adalah agar tidak ada darah menstruasi yang menempel sehingga menstrual cup benar-benar bersih dari bakteri maupun bau. Untuk memastikan tidak ada darah menstruasi yang tersisa, kamu bisa mencucinya dengan sabun tanpa pewangi. Lalu keringkan dengan tisu atau handuk khusus. Sebelum dimasukkan kembali ke dalam vagina, kamu harus cuci tangan terlebih dahulu ya.

    Jika kamu sedang berada di luar rumah dan terpaksa mengganti menstrual cup di toilet umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apabila kamu tidak memungkinkan untuk membilasnya di bawah air mengalir, bersihkanlah dengan tissue pembersih kewanitaan seperti Andalan Feminine Care Fresh Intimate Wipes. Pastikan seluruh bagian menstrual cup sudah kamu bersihkan dengan sempurna. Lalu cuci tangan kamu sebelum kembali memakai menstrual cup. Dan ingat, begitu sampai di rumah, bersihkankan menstrual cup di bawah air mengalir. Teknik membersihkan menstrual cup yang sama bisa diterapkan ketika kamu sedang berkemah.

  3. Sterilisasi menstrual cup setelah berhenti menstruasi.

    Ketika periode menstruasi kamu sudah berakhir, maka penting untuk mensterilisasi menstrual cup sebelum menyimpannya. Cara sterilisasinya sama dengan sebelum pemakaian pertama kali. Lalu setelah disterilisasi, taruhlah menstrual cup di tempat yang aman dan terbuka untuk mengeringkannya. Ada beberapa menstrual cup yang menginstruksikan sterilisasi dengan microwave. Caranya dengan merendam menstrual cup pada wadah berisi air, lalu masukkan ke dalam microwave. Atur durasi microwave selama 3-4 menit baru setelah itu keluarkan menstrual cup dan biarkan kering dengan sendirinya. Sterilisasi ini sangat penting untuk dilakukan untuk agar menstrual cup kamu tidak menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri, dan jamur bertumbuh.

  4. Simpanlah pada wadah yang kering.

    Biasanya setiap menstrual cup sudah dilengkapi dengan wadah penyimpanan. Jika tidak, pilihlah tas kecil dengan material yang bisa menjaga menstrual cup memiliki sirkulasi udara yang baik. Lalu simpanlah wadah tersebut pada area kering sehingga menstrual cup kamu tidak lembab. Jika tidak, menstrual cup menjadi lembab dan ini mengundang tumbuhnya jamur dan bakteri.

Baca Juga: Jangan Percaya 5 Mitos Menstrual Cup Berikut Ini!

Intinya tetap menjaga kebersihan area kewanitaan sebelum, saat, dan setelah menstruasi adalah cara agar organ reproduksi kamu tetap sehat. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya