Cara Keluarkan Menstrual Cup yang Nyangkut

Mengeluarkan menstrual cup

Memasang menstrual cup dengan tepat akan membuat kamu lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Menstrual cup memang ramah lingkungan dan ekonomis, tapi perlu waktu untuk menemukan cara memasang serta mengeluarkan yang tepat. Kendala yang paling sering dialami oleh para pengguna menstrual cup pemula adalah kesulitan untuk mengeluarkannya. Ketika kamu merasa tidak bisa mengeluarkannya maka yang terlintas di kepala menstrual cup tersangkut dan ini artinya tidak bisa dikeluarkan sama sekali.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Pada Menstrual Cup yang ‘Bocor’

Pikiran itu tidak tepat, karena pada prinsipnya, menstrual cup sudah didesain agar tidak bisa tertinggal di dalam vagina. Jadi menstrual cup pasti bisa dikeluarkan. Kuncinya adalah terus menggunakannya karena ini sama juga kamu berlatih menemukan trik untuk memasang dengan benar. Pemasangan yang benar akan membuat menstrual cup sangat mudah dikeluarkan.

Oke jika sekarang kamu sedang mengalaminya, jangan panik. Ikuti panduan berikut ini. Tapi sebelum mulai membaca instruksinya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Karena jika kamu dalam keadaan panik, maka otak akan memerintahkan kamu untuk menarik menstrual cup sekencang-kencangnya. Ini justru membuat menstrual cup semakin sulit dikeluarkan dan seperti tersangkut. Jadi tenangkan dirimu dulu ya. Setelah tenang, bersihkan kedua tangan kamu dan mari kita mulai cara mengeluarkan menstrual cup-nya.

Ini kemungkinan yang terjadi:

  • Bisa jadi kamu memakai menstrual cup yang ukurannya tidak sesuai dengan panjangnya serviks. Jika kamu memiliki serviks yang pendek dan memakai menstrual cup ukuran kecil maka bisa jadi menstrual cup kamu masuk terlalu dalam. Yang kamu harus pahami dari serviks adalah bentuknya seperti tabung yang menghubungkan rahim dan vagina. Artinya jika serviks kamu pendek, maka kanal atau dinding vagina kamu lebih panjang. Maka ketika kamu menggunakan menstrual cup ukuran kecil, bisa jadi saat ini ia berada di tengah-tengah kanal vagina sehingga kamu kesulitan untuk meraihnya.
  • Kamu tidak kesulitan untuk menyentuh ujung menstrual cup, hanya saja terasa menyangkut ketika ditarik sehingga menimbulkan rasa sakit saat dikeluarkan.

Cara mengeluarkannya:

  • Ajak otot panggul untuk “bekerja sama”: Di situasi seperti ini, otot dasar panggul adalah tim pendukung kamu untuk mendorong menstrual cup hingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Lakukanlah senam kegel untuk membuat otot-otot dasar panggul mendorong menstrual cup ke bawah. Senam kegel dilakukan seperti ketika kamu buang air kecil dan tiba-tiba menahannya. Gerakan menahan inilah yang kemudian membuat otot-otot dasar panggul berkontraksi dan mendorong.
  • Saat kamu tengah melakukan senam kegel, masukkan salah satu jari ke dalam vagina dan raihlah pangkal batang menstrual cup. Jika diperlukan, kamu bisa mengoleskan lubrikan pada ujung jari sehingga lebih mudah untuk menarik pangkal batang menstrual cup secara perlahan.Pilihlah lubrikan yang berbahan dasar air seperti Sutra Lubricant Gel.
  • Jika menstrual cup sudah mulai bergeser, raihlah dasarnya dan cubit serta tarik secara perlahan. Ini akan menimbulkan tekanan yang membuat menstrual cup terdorong keluar.
  • Jika masih belum bisa dikeluarkan juga, istirahatlah beberapa saat. Ingat kamu harus tetap tenang agar menstrual cup bisa dikeluarkan dengan nyaman. Sekarang cobalah jongkok. Posisi ini akan melemaskan otot-otot dasar panggul dan membuat kamu lebih mudah untuk meraih pangkal batang menstrual cup. Setelah itu beri tekanan dengan mencubit dasar menstrual cup hingga mudah ditarik.
  • Jika kamu masih kesulitan untuk mengeluarkannya, jangan ragu untuk menemui dokter kandungan. Lebih baik meminta dokter kandungan untuk membantu mengeluarkannya, ketimbang kamu menariknya dengan paksa.

Baca Juga: Empat Bentuk Menstrual Cup, Apa sih Bedanya?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya