Benarkah Infeksi Menular Seksual Meningkatkan Risiko HIV?

Infeksi seksual risiko HIV

Meski sebagian besar infeksi menular seksual hanya menyebabkan keluhan ringan (bahkan ada yang tidak bergejala), tetapi penyakit ini dapat meningkatkan risiko tertular HIV.

Itu sebabnya sangat penting untuk menghindari hubungan seksual beresiko dan segera mencari pengobatan jika merasa telah terpapar infeksi menular seksual (IMS).

Baca Juga: 5 Hoax Tentang HIV yang Wajib Kamu Tahu!

IMS atau pun HIV merupakan penyakit yang memiliki banyak irisan, antara lain sama-sama ditularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom, termasuk penetrasi seksual lewat vagina, anal, atau pun seks oral.

Meski begitu, kontak kelamin bukanlah satu-satunya jalan penularan IMS atau HIV. Patogen penyebab HIV, hepatitis B, dan hepatitis C juga bisa menular melalui berbagi jarum suntik yang tidak steril.

Proses menyusui dan persalinan lewat vagina (normal) juga bisa menularkan HIV dan IMS. Misalnya saja klamidia dan gonore yang dapat menginfeksi bayi lewat persalinan normal.

Hal yang harus diwaspadai adalah IMS dapat membuat seseorang rentan tertular HIV. Ketika kita menderita IMS, hal ini bisa mengubah sel-sel di vagina, penis, rectum, atau pun mulut. Terkadang perubahan tersebut memicu luka terbuka atau ulcer, namun bisa juga tidak ada gejala apa pun.

Perubahan pada sel-sel tadi membuat HIV lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Ini berarti, jika kita sudah memiliki IMS dan melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang HIV, kita pun lebih rentan tertular.

Penelitian juga menunjukkan, orang yang menderita IMS dan HIV cenderung menularkannya kepada pasangan seksual. Memiliki IMS dan HIV juga meningkatkan jumlah virus HIV di cairan mani atau cairan vagina. Semakin tinggi konsentrasi virusnya, makin mudah virus itu berpindah.

Ingat, beberapa jenis IMS tidak bergejala dan seseorang bisa saja tertular HIV selama bertahun-tahun dan juga tidak mengalami gejala apa pun. Ini berarti bukan hal yang mustahil seseorang memiliki IMS dan HIV sekaligus dan tidak menyadarinya.

Karena itulah menjalankan hubungan seks yang aman sangat penting.

Baca Juga: Ketahui 7 Siklus Hidup HIV dalam Tubuh Manusia

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya