Berapa Kali Masturbasi dalam Seminggu yang Aman dan Sehat?

Berapa kali masturbasi

Tidak ada patokan, berapa kali masturbasi dalam seminggu yang disebut aman, sehat dan normal. Masturbasi menjadi masalah kalau kamu kecanduan.

Aman gak sih masturbasi setiap hari? Dalam seminggu, berapa kali masturbasi yang dibilang sehat? Apakah masturbasi lebih dari 1x sehari itu normal? Mungkin, pertanyaan-pertanyaan ini kerap membayangi kamu. Di usia reproduktif, sangat wajar kok kalau kamu masturbasi. Ini berlaku untuk laki-laki maupun perempuan. Jadi, gak usah malu dengan diri sendiri kalau kamu masturbasi.

Baca Juga: Adiksi Masturbasi, Apa Saja Indikasinya?

Nah jadi, berapa kali masturbasi dalam seminggu yang aman, sehat dan normal? Ternyata, tidak ada patokannya. Tidak ada bukti bahwa sering masturbasi akan menghabiskan sperma, atau menurunkan kualitas sperma. Atau lutut jadi kopong atau nyeri gara-gara keseringan masturbasi. Itu semua hanya mitos. Tidak ada hubungan antara sperma habis dan lutut kopong, dengan masturbasi.

Para ahli berpendapat, masturbasi seminggu sekali atau kurang, setiap hari, atau kadang lebih dari 1x sehari itu normal dan wajar saja. Semuanya kembali pada kebutuhan dan kondisi tiap orang. Buat yang jomblo, tentu normal melakukan masturbasi lebih sering dibandingkan yang punya pasangan. Bagi yang punya pasangan pun, normal kok kalau masih suka masturbasi. Jadi secara frekuensi, tidak ada batasan seberapa jarang atau seberapa sering masturbasi dianggap normal.

Yang jadi masalah adalah ketika masturbasi mengganggu kehidupan atau aktivitas kamu. Misalnya kamu jadi terlambat kuliah atau kerja gara-gara masturbasi. Atau pekerjaan kamu gak selesai, kamu mengisolasi diri, dan prestasi kamu menurun karena kamu terlalu sibuk masturbasi atau hanya memikirkan seks. Lebih parah lagi bila kamu sampai menghabiskan uang hanya untuk menonton tayangan seks, atau membeli sex toy secara berlebihan untuk memuaskan “dahaga” kamu terhadap seks.

Intinya, masturbasi menjadi tidak sehat kalau kamu jadi kecanduan, bukan semata berapa kali masturbasi dalam seminggu atau sehari. Kecanduan terhadap masturbasi bisa mengubah perilaku kamu, membuat kamu merasa rendah diri, dan memiliki kepuasan seksual yang rendah. Pada akhirnya, kehidupan sehari-hari kamu pun terganggu.

Bukan berarti, lantas kamu perlu mencari pasangan hanya untuk menggantikan masturbasi dalam menyalurkan hasrat seksual kamu. Ini tidak menyelesaikan masalah, malah menciptakan masalah baru, karena kamu hanya akan memandang pasanganmu sebagai objek seks semata. Padahal, kita perlu membangun relasi yang sehat dengan pasangan.

Baca Juga: Kecanduan Masturbasi? Begini Cara Mengurangi Masturbasi

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya