Bila Keputihan Terjadi Saat Berhubungan

Keputihan saat berhubungan

Sebagai siklus normal pada wanita, keputihan bisa terjadi kapan saja. Termasuk saat berhubungan intim dengan pasangan. Wajarkah?

Keputihan normal ditandai dengan cairan yang keluar dari vagina berwarna putih atau bening mengandung lendir serviks dan cairan vagina. Selama keputihan yang kamu alami seperti itu, kamu tak perlu khawatir.

Baca Juga: Obat-obatan Yang Bisa Menyebabkan Keputihan

Selain bentuk dan teksturnya, keputihan normal bisa terjadi kapan saja, termasuk saat atau setelah berhubungan intim. Hal ini disebabkan oleh dua hal penting yang terjadi saat berhubungan intim.

Kedua point yang dimaksud adalah gairah seksual dan ejakulasi wanita. Simak penjelasannya berikut ini:

Gairah seksual

Saat berhubungan, keduanya saling melakukan foreplay sebagai pemanasan sebelum melakukan penetrasi seksual. Nah, dari foreplay inilah akan membangkitkan gairah seksual keduanya.

Bagi wanita, gairah seksual akan merangsang aliran darah ke vagina, sehingga pembuluh darah melebar untuk mengakomodasi suplai darah ke organ intim. Adanya cairan gairah ini membuat keputihan semakin terlihat, teksturnya lebih kental berwarna jernih atau putih susu. Jenis keputihan ini normal, tak perlu dirisaukan.

Ejakulasi wanita

Sama halnya dengan pria, seorang wanita juga mengalami ejakulasi saat berhubungan seks. Proses ejakulasi ini melibatkan pengeluaran cairan melalui uretra atau saluran kemih. Di saat inilah keputihan terjadi, dan merupakan proses alamiah yang wajar. Ejakulasi wanita itu sendiri merupakan sesuatu yang normal. Termasuk keluarnya keputihan sebagai konsekuensi biologis dari ejakulasi tersebut.

Baca Juga: Jangan Terjebak Mitos Keputihan Akibat Jamur

Nah, kamu dan pasangan tak perlu khawatir berlebihan ketika keputihan muncul saat berhubungan karena hal ini merupakan proses yang wajar. Lain halnya kalau keputihan tersebut bersifat abnormal, kamu mesti segera memeriksakan diri ke dokter. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya