Bisakah Infeksi Menular Seksual Disembuhkan?

Infeksi menular seksual

Orang yang menderita infeksi menular seksual atau sering disebut penyakit kelamin mungkin akan merasa malu sehingga enggan mencari pengobatan. Padahal, penyakit ini bisa disembuhkan.

Pengobatan utama infeksi menular seksual (IMS) adalah antibiotik. Obat yang bisa diberikan dalam bentuk oral (diminum) atau suntikan ini dapat mengobati beragam jenis IMS.

Baca Juga: Bukan Hoaks, Beberapa Infeksi Menular Seksual bisa Menular Lewat Ciuman

Setelah dokter atau bidan memberikan antibiotik biasanya kita akan merasa gejalanya membaik, namun pastikan obat tersebut dihabiskan dan jangan pernah memberikan obat kita ke orang lain atau sebaliknya, meminum obat orang lain karena merasa gejalanya sama.

Walau sebagian besar IMS dapat disembuhkan, tetapi HIV membutuhkan perawatan seumur hidup. Selain itu, kita bisa saja tertular IMS lagi jika kita tetap melakukan hubungan seks beresiko dan tidak menggunakan kondom.

IMS dapat menyebabkan komplikasi seumur hidup jika tidak diobati. Misalnya saja HIV yang tidak diobati dapat berkembang menjadi AIDS. Sifilis yang tidak diobati bisa memburuk dan merusak organ serta sistem saraf.

Pada wanita IMS juga bisa menyebabkan kehamilan atopic yang beresiko keguguran, sulit hamil, serta nyeri pelvis kronik. Sedangkan pada pria dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, testis bengkak dan nyeri, serta gangguan kesuburan.

Bagaimana pun mencegah lebih baik daripada mengobati. Ketahui cara-cara untuk melindungi diri dari penyakit ini:

  • Gunakan kondom, disarankan memilih kondom lateks, jika kamu memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang.
  • Monogami atau tetap setia pada satu pasangan saja. Setiap pasangan seks yang baru akan meningkatkan risiko tertular IMS.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Melakukannya juga akan mencegah infeksi ke orang lain.
  • Hindari konsumsi alkohol atau narkoba karena saat mabuk kita cenderung akan melakukan tindakan berbahaya seperti melakukan hubungan seks beresiko.
  • Ketahui apa saja gejala-gejala IMS. Jika kamu merasa memiliki IMS segera periksakan ke dokter untuk mendapat pengobatan.
  • Cari tahu tentang penyakit ini sebanyak-banyaknya dari sumber yang kompeten. Semakin luas pengetahuan kita, semakin baik kita melindungi diri.

Baca Juga: Awas, Infeksi Menular Seksual Sifilis si Raja Singa Masih Mengintai

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya