Bisakah Kita Mengetahui Orang Terinfeksi HIV dari Penampilannya?

Mengetahui apakah seseorang HIV

Kita tidak bisa mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak hanya dari penampilan luarnya saja.

Seseorang yang terinfeksi HIV bisa terlihat sehat dan baik-baik saja. Mereka bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari, baik itu bekerja atau pun kuliah, secara normal.

Baca Juga: Berapa Lama HIV Baru Menunjukkan Gejala?

Karena itulah tidak mungkin kita mengetahui seseorang terinfeksi HIV/AIDS hanya dari penampilan luarnya. Apalagi, HIV seringkali tidak bergejala, sehingga seseorang bisa tidak mengetahui apakah dirinya terinfeksi.

Infeksi HIV hanya menunjukkan gejala pada beberapa minggu pertama setelah penularan. Gejalanya pun mirip dengan penyakit infeksi lain, misalnya saja demam, kelelahan, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri tenggorokan.

Setelah itu, seseorang dengan HIV bisa hidup bertahun-tahun tanpa gejala apa pun. Biasanya mereka baru mengetahui status HIV nya setelah infeksi menahun atau penyakitnya menunjukkan gejala yang membuat kesehatan menurun.

Berbeda dengan HIV, ketika sudah berada di tahap AIDS, ada beberapa gejala yang terlihat mencolok, antara lain diare berkepanjangan, penurunan berat badan, keringat dingin di malam hari, tuberculosis, bahkan terkena kanker serviks.

Saat seseorang terinfeksi HIV, mekanisme pertahanan tubuhnya akan melemah. Di tahap akhir dari infeksi HIV, seseorang sangat rentan pada “infeksi oportunistik” atau infeksi ikutan. Infeksi itu bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur, yang pada orang sehat bisa dimusnahkan oleh sistem imun.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV adalah dengan melakukan tes antibodi yang mendeteksi ada tidaknya antibodi yang diproduksi oleh tubuh sebagai respon pada virus HIV.

Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan sampai terbentuk antibodi. Jika seseorang melakukan tes pada jendela periode 3 bulan, biasanya ia akan diminta untuk melakukan tes ulang setelah periode itu untuk memastikan. Sementara itu, disarankan untuk menghindari aktivitas seksual.

Baca Juga: Bagaimana Cara Orang dengan HIV Melindungi Diri dari Covid-19?

Kamu bisa langsung berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya