Bukan Mitos, Pil KB bisa Bikin Kulit Mulus dan Glowing

pil-kb-kulit-mulus

Kandungan progestin tertentu dalam pil KB bisa bikin kulit mulus, bebas jerawat, dan glowing. Kenapa begitu ya?

Benar gak sih, pil KB bikin jerawatan? Pada beberapa perempuan, memang pil KB bisa memicu munculnya jerawat. Namun uniknya, justru beberapa pil KB bisa bikin kulit mulus, bebas jerawat, dan glowing lho. Kok bisa? Begini penjelasannya.

Baca Juga: Pil KB 21 Hari dan 28 Hari, Apa Bedanya Ya?

Pil KB ada yang terdiri dari 1 hormon saja yaitu progestin atau progesteron sintetis. Ini disebut juga pil mini karena cuma mengandung satu hormon, cocok untuk ibu menyusui karena tidak akan mengganggu produksi ASI. Ada juga pil KB kombinasi yang mengandung progestin dan estrogen sintetis (estradiol). Nah, progestin tertentu memiliki sifat androgenik. Inilah yang bisa memicu jerawat.

Androgen adalah hormon laki-laki. Perempuan juga memiliki androgen, tapi dalam kadar rendah. Namun beberapa jenis progestin bisa meningkatkan kadar androgen. Meningkatnya kadar androgen bisa merangsang produksi minyak (sebum) berlebih di kulit. Alhasil kulit jadi lebih berminyak, pori-pori lebih mudah tersumbat sehingga sel kulit mati dan kotoran terperangkap di pori-pori kulit. Akhirnya, wajah pun lebih mudah berjerawat.

Mengapa Beberapa Pil KB bisa Bikin Kulit Mulus

Sejak pertama kali diciptakan pada 1950-an, pil KB terus mengalami perkembangan. Dosisnya dibuat main kecil, dan hormon yang dipakai pun makin baik. Tak hanya memiliki manfaat kontrasepsi, progestin tertentu yang digunakan pada pil KB bisa bikin kulit mulus dan glowing.

Progestin generasi baru seperti cyproterone acetate justru memiliki efek antiandrogenik. Progestin jenis ini mampu menekan kadar androgen dalam tubuh. Dampaknya, kulit wajah pun lebih mulus, halus, bebas jerawat, dan glowing. Tak heran bila pil KB dengan progestin antiandrogenik kerap dipakai oleh dokter kulit sebagai salah satu terapi jerawat yang terkait hormonal. Juga kerap diresepkan oleh dokter kandungan untuk mengatasi sindrom polikistik ovarium atau PCOS.

Pil KB Elzsa dari Andalan mengandung kombinasi cyproterone acetate dan ethinylestradiol. Cara kerjanya sama dengan pil KB kombinasi pada umumnya. Yaitu menghambat ovulasi, mengentalkan lendir serviks, serta menipiskan endometrium sehingga sel telur yang telah dibuahi akan sulit melekat. Namun di samping itu, ada bonusnya: kulit jadi glowing.

Jadi, bukan mitos ya kalau pil KB bisa bikin kulit mulus dan bebas jerawat. Kalau kulitmu cenderung berminyak dan mudah berjerawat, kamu bisa mempertimbangkan pil KB yang mengandung progestin antiandrogenik, seperti Elzsa. Jangan lupa, ini pil 21 hari ya. Jadi ada 7 hari kamu ‘libur’. Pasanglah reminder untuk mengingatkan mulai minum pil lagi ya.

Baca Juga: Mengapa Payudara Membesar Setelah Minum Pil KB?

Kamu bisa berkonsultasi seputar kontrasepsi dan kesehatan reproduksi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya