Mengapa Payudara Membesar Setelah Minum Pil KB?

KB membuat payudara membesar

Jika kamu menggunakan kontrasepsi pil (pil KB) kamu akan menyadari payudara terasa lebih besar dari biasanya. Jangan khawatir, ini hanya sementara dan ukuran payudara akan kembali seperti semula.

Pada dasarnya perubahan ukuran payudara itu sama seperti saat kita mengalami pra-menstrual syndrome (PMS).

Baca Juga: Pil KB Mengurangi Rambut-rambut Halus di Wajah, Dada, dan Punggung Perempuan, Betulkah?

Mengapa hal ini terjadi? Sebab kontrasepsi hormonal seperti pil, koyo (patches), implant, suntikan, atau pun KB spiral (IUD), , mengandung hormon sintesis estrogen dan progrestin, yang dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Nah, hormone tersebut dapat menyebabkan tubuh menahan cairan. Hal itu berarti kelebihan air juga dapat terperangkap di jaringan payudara sehingga kita merasa ukurannya menjadi lebih besar.

Seperti halnya saat PMS, kita mungkin juga merasa payudara terasa lebih sakit saat disentuh. Ini sebenarnya normal.

Hanya operasi yang bisa mengubah bentuk payudara secara permanen, namun sebagian wanita memang merasakan perubahan pada payudaranya di bulan-bulan awal menggunakan pil KB.

Peningkatan hormon

Hormon yang ada di dalam kontrasepsi pil merupakan versi sintesis dari hormon yang secara alami dihasilkan tubuh kita. Ketika kita mengonsumsi pil ini, kadar hormon dalam tubuh akan meningkat.

Peningkatan kadar hormon ini dapat membawa beberapa perubahan di tubhu, termasuk perubahan ukuran payudara atau berat badan sementara.

Pil KB yang hanya mengandung estrogen cenderung menyebabkan efek samping yang lebih berat.

Sebaliknya, pil KB yang hanya mengandung progestin saja, seperti pil Andalan Laktasi yang setiap tabletnya mengandung 0.5 mg Linestrenol (hormone progrestin). Pil ini juga aman digunakan oleh wanita yang alergi terhadap hormone estrogen.

Pil KB merupakan jenis kontrasepsi yang paling populer, ini antara lain disebabkan karena metode ini efektif mencegah kehamilan tanpa menimbulkan efek samping yang mengganggu.

Baca Juga: Perlukah Berhenti Sementara Saat Minum Pil KB?

kalau kamu memerlukan konsultasi seksual dengan ahli, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya