Cara Cakap Gunakan Menstrual Cup

menstrual cup

Bagi pemula, menggunakan menstrual cup memang jadi tantangan tersendiri. Kebiasaan baru menggunakannya dengan mengubah kebiasaan lama menggunakan pembalut atau tampon yang sudah bertahun-tahun dilakukan, memang tidaklah mudah.

Namun, hal itu bukan alasan untuk mundur teratur. Ada kok cara agar penggunaan menstrual cup bisa berhasil. Sehingga kamu bisa merasakan manfaat maksimalnya.

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menstrual Cup Digunakan

Beralih dari produk menstruasi sekali pakai ke menstrual cup memberikan pola baru dalam budaya menstruasi kamu. Setelah kamu bisa dan terbiasa menggunakan menstrual cup kamu akan terkesan betapa sederhana dan lebih aman dibandingkan tampon maupun pembalut. Bonusnya adalah kamu bisa menghemat pengeluaran rutin setiap bulan hanya untuk membeli pembalut. Selain itu kamu berhasil mengurangi sampah dengan tidak lagi menggunakan pembalut sekali pakai.

Berikut cara cakap menggunakan menstrual cup agar manfaat maksimalnya bisa kamu tangkap. Sehingga kamu yang pemula bisa jadi mahir dalam waktu singkat.

  1. Cegah noda, bilas dengan air dingin
    Alih-alih membersihkan, air panas justru meninggalkan jejak noda dalam menstrual cup. Karena itu jangan langsung mencucinya dengan air panas. Cukup bilas dengan air biasa atau air kran yang bersih. Apapun warna menstrual cup yang kamu gunakan, setelah digunakan bersihkan dengan air biasa. Bahkan merebusnya setelah selesai siklus menstruasi tidak merupakan sesuatu yang wajib, hanya preferensi pribadi saja. Jika kamu merasa perlu untuk merebusnya jangan terlalu lama cukup 3-5 menit setelah mendidih. Jangan memasaknya terlalu lama karena akan merusak material menstrual cup itu sendiri. Jika sudah rusak, efektivitasnya tentu saja menurun.

  2. Agar tak ada darah tersisa
    Setelah menstrual cup dimasukkan dengan benar dan berada di posisi yang tepat sehingga membuatmu nyaman, tekan otot-otot seperti sedang buang air besar. Kemudian gunakan lap atau kain basah yang steril untuk membersihkan dasar cangkir, tempat katup pegangan berada. Hal ini bertujuan membersihkan sisa darah yang mungkin masih menempel di menstrual cup. Sehingga menstrual cup benar-benar bersih tidak ada darah tersisa di permukaan bawahnya yang akan meninggalkan noda darah pada pakaian dalam.

  3. Pastikan kuku tetap bersih dan aman
    Bagi kamu yang memiliki kuku panjang dan lentik untuk urusan estetika, menggunakan menstrual cup butuh trik khusus karena keberadaan kuku yang runcing cukup menyulitkan dalam proses memasukkan maupun mengeluarkan menstrual cup. Saat memasukkan menstrual cup, jari-jari tangan menumpuk sehingga kuku pun tumpang tindih. Selipkan ibu jari di bawah kuku telunjuk. Pastikan kuku-kuku yang lentik itu tidak menggores menstrual cup maupun jaringan vagina yang lembut itu. Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan kebersihan kuku-kuku tetap terjaga dengan membersihkannya secara detail, sebab kuku yang panjang sangat potensial menyimpan bakteri dan kuman terselip di dalamnya.

  4. Bersihkan di manapun berada
    Jika sudah saatnya mengosongkan menstrual cup, segera lakukan jangan ditunda menunggu sampai di rumah saja. Lakukan pengosongan dan bersihkan sekalipun itu harus dilakukan di toilet umum di fasilitas publik seperti mall, kantor, stadion, dan sebagainya. Untuk menyiasatinya kamu bisa membawa botol air yang tidak mencolok untuk membilas menstrual cup dan membersihkan tangan. Pastikan selalu membawa tisu basah untuk membantu membersihkan ketika berada di ruang publik dengan fasilitas wastafel atau toilet yang terbatas. Atau bisa pula menggunakan tisu kering lalu basahkan dengan air untuk membersihkan menstrual cup. Pastikan darah tidak menempel di dasar toilet maupun wastafel. Tuanglah tepat di lubang air wastafel atau toilet sehingga tidak perlu memercik ke permukaan yang kemungkinan sulit dibersihkan.

Itulah beberapa tips menggunakan menstrual cup yang praktis dan nyaman. Kamu bisa menambahkan poin-poin tersebut seiring dengan semakin terbiasanya menggunakan menstrual cup setiap bulannya. Apapun cara yang membuat penggunaan menstrual cup semakin nyaman dan aman, jangan ragu untuk membagikannya kepada orang lain yang juga masih mencari cara yang tepat.

Baca Juga: Do’s and Don’ts saat Membersihkan Menstrual Cup

Jika kamu ingin tahu lebih jauh seputar menstrual cup, kamu bisa bertanya pada dokter yang kompeten. Kamu bisa berkonsultasi secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya