Cara Memasang Kondom Wanita

Cara memasang kondom wanita

Ingin mencoba menggunakan kondom wanita? Bagi yang baru pertama kali, mungkin sedikit susah sehingga perlu latihan. Kunci keberhasilan kondom wanita adalah memastikan kondom tetap di tempatnya saat berhubungan seks, dan jangan pernah menggunakan kembali kondom wanita.

Kondom wanita adalah alat kontrasepsi alternatif yang bekerja seperti kondom pria, yakni menghalangi sperma masuk ke dalam rahim saat berhubungan seks. Kondom wanita juga bisa mencegah penularan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Baca Juga: Apa itu Kondom Wanita?

Aturan penting menggunakan kondom wanita adalah, jangan menggunakannya bersamaan dengan kondom pria. Nanti mereka dapat saling menempel, yang dapat menyebabkan salah satu atau kedua kondom terlepas.

Berikut ini panduan cara menggunakan kondom wanita:

  • Buka kemasan dengan hati-hati. Jangan gunakan gigi atau kuku Anda, apalagi benda tajam seperti gunting yang bisa merobek kondom.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pelumasan tambahan. Kamu dapat mengoleskan pelumas berbahan dasar air atau minyak tambahan ke kondom agar lebih mudah dimasukkan dan untuk meminimalkan kebisingan saat berhubungan seks. Contoh pelumas berbahan air adalah Fiesta Intimate lubricant yang berbahan alami sehingga aman digunakan.
  • Masukkan kondom wanita ke dalam vagina seperti tampon. Cara memasukkannya dengan memasukkan cincin di ujung kondom (yang diameternya lebih kecil) dengan jari tengah dan ibu jari. Tempatkan jari telunjuk di dalam kondom dan dorong cincin dan seluruh bagian kondom ke dalam sejauh mungkin.
  • Jangan biarkan kondom terpelintir. Pastikan cincin luar (yang diameternya lebih lebar) tetap berada di luar vagina, sekitar 1 inci (atau sekitar 2,5 cm) di luar labia. Kamu dapat menempatkan kondom wanita di dalam vagina hingga delapan jam sebelum berhubungan seks.
  • Arahkan penis ke dalam kondom wanita. Pastikan penis tidak masuk di luar kondom wanita. Saat berhubungan seks, pastikan lingkaran di luar tidak terdorong ke dalam vagina.
  • Setelah berhubungan seks, lepaskan kondom wanita dengan hati-hati. Putar cincin luar sehingga air mani yang terkandung di dalam kondom tidak tumpah, dan tarik perlahan kondom dari vagina. Buang kondom wanita di tempat sampah, jangan di toilet.

Baca Juga: Buat Pasangan Ketagihan dengan Kondom yang Enak, Tipis, dan Terasa Alami

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya