Diet Sehat Gejala PMS Minggat‎

Diet Sehat

Buat kamu yang ingin meminimalisir gejala PMS, mulailah dari mengonsumsi makanan ‎yang sehat. Ada sejumlah makanan yang bisa membantu mengurangi gejala PMS. Simak ‎penjelasannya berikut ini.

Gejala PMS yang mengganggu seperti kram, gangguan mood, cepat lelah, pusing, mudah ‎tersinggung, perut kembung, tidak bersemangat dan lain-lain, sejatinya bisa diminimalisir ‎dengan berbagai cara. Seperti olahraga ringan hingga memilih menu makanan yang tepat.

Baca Juga: Lima Jenis Lagu untuk Menghadapi PMS (Premenstrual Syndrome), Apa Pilihanmu?

Yuk, atasi problem PMS dengan panduan diet berikut ini:

  1. Karbohidrat kompleks lebih banyak

    Perubahan keseimbangan hormon dalam tubuh jelang masa PMS memicu berbagai ‎problematika baik fisik maupun psikis. Gangguan mood, sensitivitas tinggi, hingga ‎keinginan mengonsumsi makanan yang ‘aneh’ dari biasanya. Dalam kondisi seperti ‎itu, para ahli menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks ‎dalam diet harian. Karbohidrat kompleks diserap perlahan oleh tubuh sehingga ‎membantu mengekang keinginan ‘ngidam’ makanan tertentu dan menjaga suasana ‎hati tetap kondusif. Asupan karbohidrat kompleks bisa didapat dari buah-buahan, ‎sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  2. Kalsium dan Vitamin D

    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan kalsium dan Vitamin D yang tinggi ‎mampu membantu mengurangi gejala PMS yang mengganggu. Keduanya banyak ‎terkandung dalam susu, keju, dan yogurt. Tambahkan dalam menu diet harian jelang ‎PMS tiba. Jika kamu tak bisa mengkonsumsi produk turunan susu, alternatifnya ‎dengan mengonsumsi suplemen kalsium dan Vitamin D. Manfaat lain dari tabungan ‎kalsium dan Vitamin D sejak belia menurunkan risiko terjadinya osteoporosis atau ‎keropos tulang.

  3. Kurangi garam

    Kelebihan natrium yang terkandung dalam garam dapat menahan air dalam darah, ‎meningkatkan volume darah dan memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika ‎kamu merasa kembung, bengkak pada kaki dan tangan, kurangi asupan garam. ‎Caranya mudah, cobalah masak sendiri, hindari mengkonsumsi makanan olahan dan ‎kemasan karena kandungan garamnya tinggi.

  4. Batasi kafein, stop alkohol

    Sebaiknya hindari dua jenis minuman ini jelang PMS. Sebab keduanya terbukti ‎memperburuk gejala PMS karena kafein dan alkohol mengganggu tidur. Sementara ‎saat PMS sangat dianjurkan untuk tidur cukup agar fisik lebih bugar dan pikiran ‎menjadi lebih tenang karena kualitas tidur tercukupi.

  5. Zat besi tercukupi

    Saat menstruasi, kamu kehilangan banyak zat besi. Mengonsumsi makanan yang ‎tinggi zat besi dapat mengurangi risiko anemia atau kekurangan darah akibat ‎menstruasi. Daging tanpa lemak, ikan dan seafood merupakan sumber zat besi yang ‎baik dikonsumsi sepanjang waktu, terlebih saat menstruasi. Jika kamu termasuk ‎vegetarian, suplemen zat besi bisa menjadi pilihan.

  6. Makan sedikit tapi sering

    Selain jenis dan jumlah makanan yang tepat, jadwal makan juga perlu diperhatikan. ‎Saat menstruasi, coba ubah pola makan dari tiga kali makan besar menjadi 6 kali ‎makan kecil. Hal ini berfungsi menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari dan ‎membantu mengurangi gejala PMS yang muncul.‎

Baca Juga: Alasan di Balik Pentingnya Mengkonsumsi Zat Besi saat Menstruasi

Itulah 6 langkah diet sehat sebelum dan saat menstruasi. Selamat mencoba dan rasakan ‎manfaatnya. Buat kamu yang mengalami problem menstruasi dan ingin berkonsultasi ‎dengan dokter yang kompeten, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 ‎atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya