Gejala Ejakulasi Dini, Mana yang Kamu Alami?

Gejala ejakulasi dini

Ejakulasi dini hampir pasti pernah dialami oleh semua pria, tentu saja dengan kadar yang berbeda-beda.

Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya ejakulasi dini. Mulai dari aspek fisik hingga psikologis. Itu sebabnya, gejala yang dialami pun bisa beragam, tergantung derajat ejakulasi dini yang dimiliki. Nah, manakah di antara gejala di bawah ini yang kamu alami?

Baca Juga: Ejakulasi Dini: Berapa Menit Waktu Normal untuk Mencapai Klimaks?

Gejala ejakulasi dini primer

Namun yang pasti, pada ejakulasi dini primer atau yang dialami seumur hidup, memiliki tiga ciri gejala umum, yaitu:

  1. Rutin terjadi
    Setiap kali berhubungan selalu mengalami ejakulasi dini. Biasanya dalam rentang waktu satu sampai tiga menit sebelum penetrasi maksimal. Kondisi ini dialami sejak kemampuan fungsi seksualnya berkembang seiring bertambahnya usia.
  2. Tak kuasa menunda
    Terjadinya gangguan refleks ketika kamu tak mampu menunda ejakulasi sesaat setelah penetrasi terjadi. Ketidakmampuan ini terjadi terus menerus.
  3. Rendah diri
    Konsekuensi dari ketidakmampuan mengendalikan ejakulasi ini berujung pada runtuhnya kepercayaan diri seorang lelaki. Inilah dampak psikologis yang kamu alami seperti frustrasi bahkan depresi. Walhasil menghindari hubungan seksual karena trauma berkepanjangan.

Gejala ejakulasi dini sekunder

Sementara itu gejala ejakulasi dini sekunder bisa dialami oleh pria maupun pasangannya. Berikut sejumlah gejala ejakulasi dini sekunder:

  1. Menurunnya kepercayaan diri dalam berhubungan
  2. Gangguan komunikasi dengan pasangan
  3. Keretakan hubungan
  4. Kecemasan
  5. Gelisah
  6. Rasa malu
  7. Depresi

Baca Juga: Sunat Tidak Terbukti Mencegah Ejakulasi Dini

Perlu dipahami bahwa seorang pria yang mengalami ejakulasi dini tidak bisa menghindar dari problem psikologi yang menerpanya. Karena itu, jika kamu mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tadi, lebih baik segera mencari pertolongan medis. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya