Gejala HIV Kapan Bisa Dikenali Setelah Terinfeksi?

Kapan gejala hiv muncul

Ketika seseorang terinfeksi HIV, apakah gejalanya langsung muncul? Ataukah membutuhkan waktu sampai gejala HIV muncul?

Seperti infeksi pada umumnya, infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) juga akan menunjukkan gejala. Hanya saja, kadang seseorang yang sudah terinfeksi HIV, kerap tidak menyadari gejala HIV karena dianggap gejala influenza.

Baca Juga: Apakah Gejala HIV pada Pria dan Wanita Berbeda?

Ada beberapa gejala HIV yang bisa diwaspadai. Tidak semua orang akan memiliki gejala yang sama, tergantung pada kondisi tubuh dan pada stadium penyakit apa mereka berada.

Di bawah ini adalah beberapa gejala HIV pada tahap infeksi akut, yang mungkin dialami.

Gejala HIV di Tahap Akut

Dalam waktu 2 sampai 4 minggu setelah terinfeksi HIV, sekitar dua pertiga orang akan mengalami gejala mirip influenza. Gejala ini muncul sebagai respons alami tubuh terhadap infeksi HIV.

Gejala seperti flu yang bisa dirasakan meliputi:

  • Demam
  • Panas dingin
  • Keringat di malam hari
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ulkus mulut atau sariawan

Gejala-gejala ini dapat berlangsung mulai beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun, pada beberapa orang, mereka tidak menunjukkan gejala sama sekali selama tahap awal HIV ini.

Jangan berasumsi bahwa Kamu mengidap HIV hanya karena memiliki salah satu dari gejala-gejala tersebut, karena bisa saja Kamu memang terkena flu atau infeksi virus lainnya.

Tetapi jika Kamu adalah orang yang memiliki risiko tinggi terinfeksi HIV, ada baiknya tidak mengabaikan begitu saja gejala HIV di atas, dan segera ke dokter, sebelum virus ini semakin menggerogoti daya tahan tubuhmu.

Jika kamu berpikir kemungkinan Kamu tertular HIV, inilah yang harus Kamu lakukan:

Temukan tempat tes HIV terdekat

Kamu bisa melakukan tes HIV di pelayanan kesehatan primer seperti puskesmas, klinik kesehatan, atau rumah sakit.

Kebanyakan tes HIV mendeteksi antibodi (protein yang dibuat tubuh sebagai reaksi terhadap HIV) beberapa minggu setelah Kamu terinfeksi. Jika memungkinkan, mintalah tes yang bisa mendeteksi infeksi HIV lebih cepat.

Beri tahu dokter atau klinik jika Kamu merasa baru saja terpapar HIV, dan tanyakan apakah tes mereka dapat mendeteksi infeksi lebih dini.

Ketahui status Kamu

Setelah diuji, pastikan untuk mempelajari hasil tes yang diberikan petugas kesehatan. Jika Kamu memang HIV-positif, temui dokter sesegera mungkin sehingga Kamu dapat memulai pengobatan dengan obat HIV.

Proteksi Orang Lain

Waspadalah, ketika Kamu berada pada tahap awal infeksi, Kamu berisiko sangat tinggi menularkan HIV ke orang lain. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penularan. Misalnya, gunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan Kamu.

Baca Juga: Ini Bedanya Ruam Kulit Pada Gejala HIV

Kamu juga bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya