Hook Effect, Ketika Test Pack Negatif Palsu Apa dan Bagaimana Mencegahnya?

test pack palsu

Kadar hormon hCG yang terlalu tinggi bisa membuat test pack memberikan hasil negatif palsu.

Hook effect adalah kesalahan tes lab langka yang menyebabkan hasil negatif palsu. Ini bisa terjadi pada beragam alat tes laboratorium. Pada kehamilan, hook effect akan terlihat ketika kamu merasakan semua ciri-ciri hamil tapi pada saat melakukan test pack hasilnya negatif. Bahkan ketika dilakukan pemeriksaan darah, hasilnya tetap negatif. Tapi begitu dilakukan USG baru terlihat kalau ternyata kamu memang hamil. Bagaimanakah sebenarnya hook effect bisa terjadi pada test pack?

Ketika hormon hCG yang terlalu tinggi di dalam tubuh justru mengacaukan kerja test pack.

Pada saat sel telur dibuahi oleh sperma dan kemudian menempel di dinding rahim, maka tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon inilah yang akan mengkondisikan tubuh menjadi tempat yang nyaman untuk janin berkembang. Pada minggu pertama ketika janin menempel di dinding rahim, produksi hormon hCG meningkat tajam. Kadar hormon inilah yang kemudian ditangkap alat tes kehamilan, baik yang melalui urin seperti test pack maupun melalui tes darah.

Baca Juga: Lima Kesalahan Menggunakan Test Pack untuk Tes Kehamilan

Adapun kadar hormon hCG yang harus “ditangkap” test pack untuk menunjukkan kalau kamu sedang hamil adalah 25 mIU/ml. Tapi ketika hormon hCG di dalam tubuh terlalu tinggi, maka test pack kesulitan untuk membacanya hingga hasilnya pun jadi false negatif atau negatif palsu. National Institute of Health menyebutkan hook effect dapat terjadi pada test pack ketika kadar hormon hCG di dalam tubuh mencapai 500.000mIU/ml. Apakah yang bisa menyebabkan kadar hormon hCG menjadi begitu tinggi di dalam tubuh?

Ada beberapa kondisi yang membuat tubuh memproduksi hormon hCG secara berlebihan, yaitu karena mengalami hamil kembar, pengaruh obat fertilitas, dan kehamilan anggur atau mola pregnancy. Kehamilan anggur terjadi ketika plasenta tumbuh terlalu banyak, bahkan hingga menyebabkan kista berisi cairan di dalam rahim. Hamil anggur sendiri terjadi pada 1 dari 1.000 kehamilan.

Cara mencegah hook effect.

Tentu saja alat tes lab yang tidak bekerja optimal memiliki dampak yang serius. Ketika hasil menunjukkan negatif palsu maka kamu berpikir tidak sedang hamil lalu mengonsumsi obat-obatan atau minuman alkohol yang tidak aman untuk kandungan. Ini bisa jadi memengaruhi perkembangan janin. Tak hanya itu, karena hook effect disebabkan oleh hormon hCG yang terlalu tinggi yang juga menjadi indikasi terjadinya hamil anggur, maka perlu penanganan segera.

Karena itu, jika kamu terus merasakan gejala-gejala kehamilan, mual, lebih sering buang air kecil, cepat lelah, payudara terasa membesar, namun hasil test pack selalu negatif maka segeralah konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan mendetail dengan bantuan USG, sehingga kondisi riil rahim bisa dilihat langsung.

Lantas bisakah hook effect dicegah? Beberapa dokter menyebutkan ini bisa dilakukan dengan cara mengencerkan urin. Tujuannya agar kadar kepekatan kadar hormon hCG di dalam urin bisa dikurangi. Meski kepekatan hormon hCG dibuat lebih encer, test pack tetap bisa “menangkap” kadar hormon tersebut untuk dibaca oleh test pack. Bagaimana cara mengencerkan urin? Dengan minum banyak air putih sebelum menggunakan test pack.

Selain dengan mengencerkan urin, hook effect juga bisa dicegah dengan cara melakukan tes kehamilan menggunakan test pack pada sore hari. Kebanyakan test pack menyarankan untuk melakukan tes kehamilan di pagi hari karena urin lebih pekat. Maka cobalah untuk menggunakan test pack di siang atau sore sambil memperbanyak konsumsi air putih untuk menurunkan kepekatan urin.

Pada intinya jika kamu semakin merasakan ciri-ciri kehamilan, segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dengan begitu dapat dipastikan langsung apakah kadar hormon hCG yang tinggi di dalam tubuh karena adanya kehamilan kembar atau mengalami gangguan kehamilan seperti hamil anggur.

Baca Juga: 10 Momen Paling Membahagiakan Sepanjang Kehamilan

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang bagaimana melakukan test pack yang benar, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Jangan kuatir, semua informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya