Lima Kesalahan Menggunakan Test Pack untuk Tes Kehamilan

Test pack adalah tes kehamilan yang paling mudah dan paling sering menjadi Andalan wanita untuk memastikan kehamilan. Meskipun di pasaran saat ini ada beberapa merek test pack dengan bentuk berbeda-beda, namun secara prinsip cara kerjanya sama.

Tes pack bekerja dengan mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urine. Hormon ini akan meningkat setelah sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma mulai menempel di dinding rahim.

Apakah test pack ini akurat? Tentu saja tergantung tingkat sensitivitas alat yang digunakan. Namun, meskipun alat sudah bagus, bisa saja hasilnya tidak akurat karena kesalahan penggunaannya.

Berikut ini beberapa kesalahan umum saat menggunakan test pack

  1. Terlalu cepat melakukan tes kehamilan

    Beberapa test pack sangat sensitif mendeteksi hCG dalam urine sehingga bisa langsung mendeteksi kehamilan seminggu setelah berhubungan seksual. Namun secara umum, hCG yang diproduksi belum terlalu tinggi di kehamilan sangat dini, sehingga sulit dideteksi dengan test pack.

    Sebaiknya Kamu melakukan test pack setelah Kamu yakin terlambat menstruasi, sehingga jika hasilnya positif, kemungkinan positif palsu rendah.

  2. Buru-buru membaca hasil test pack

    Hasil test pack, baik yang menggunakan indikator dua garis maupun tulisan “pregnant”, membutuhkan waktu sekitar 2 – 5 menit. Jika kurang yakin, baca petunjuknya sebelum menggunakan. Saat alat tengah mendeteksi dan baru berjalan selama 1 menit, jangan langsung dibuang, bisa jadi hasilnya belum final.

  3. Tidak menguji pada waktu yang tepat

    Komponen utama dari tes kehamilan di rumah adalah urine. Urine terbaik untuk tes kehamilan adalah urine yang pekat, biasanya urine pertama di pagi hari. Jika pagi hari Kamu tidak sempat kencing, urine bisa dikeluarkan lebih siang. Namun, jangan minum berlebihan sebelumnya, karena urine menjadi tidak pekat lagi. Minum saja secukupnya.

  4. Urine terlalu sedikit

    Tes kehamilan juga membutuhkan jumlah urin tertentu. Jika Kamu sudah menampung urine dan kebetulan tumpah dan hanya menyisakan sedikit, maka jumlahnya mungkin tidak cukup untuk dijadikan sampel. Pastikan ujung yang harus tercelup urine tercelup sepenuhnya.

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

WhatsApp chat