Ini 6 Keunggulan Metode KB Implan Alias ‘Susuk’

keunggulan-kb-implan

“Kecil-kecil cabe rawit.” Pepatah yang satu ini tepat sekali untuk menggambarkan KB implan. KB implan alias ‘susuk’ adalah alat kontrasepsi mungil seukuran batang korek api yang dimasukkan di bawah permukaan kulit lengan atas (Witton, 2019). Walaupun ukurannya mini, keampuhannya dalam mencegah kehamilan luar biasa. Tak heran bila banyak yang memilih untuk menggunakannya. Berikut 6 keunggulan metode KB implan.

Baca Juga: Jangan Pandang Sebelah Mata, Ini 4 Keunggulan Susuk atau Implan KB

    Keunggulan KB Implan

  • Efektif mencegah kehamilan selama 3 tahun
    Secara umum, semua alat kontrasepsi modern di masa kini sudah memiliki efektivitas yang sangat tinggi. Akan tetapi, KB implan merupakan yang paling efektif. Sekali pemasangan oleh dokter atau bidan, KB implan 99,9% efektif dalam mencegah kehamilan hingga 3 tahun lamanya (Hill, 2019). Jika ingin dilepas sebelum masa perlindungan 3 tahunnya berakhir, kamu pun bisa melakukannya dengan bantuan dokter atau bidan. Sebaliknya, jika ingin melanjutkan pemakaian implan setelah 3 tahun, implan yang lama bisa diganti dengan yang baru.

  • Keunggulan KB Implan

  • Tidak menurunkan kesuburan
    Banyak orang awam yang takut berkontrasepsi karena khawatir rahim bisa ‘kering’ dan akibatnya tubuh menjadi mandul. Padahal, istilah ‘rahim kering’ bahkan tidak ada secara medis. Fakta ilmiahnya, pemakaian KB implan sama sekali tidak mengurangi kesuburan (Girum & Wasie, 2018). Begitu kamu siap untuk berkeluarga, kamu tinggal datang ke rumah sakit atau puskesmas untuk meminta KB implan dilepas. Setelahnya, kamu dan pasanganmu bisa langsung merencanakan kehamilan.

  • Keunggulan KB Implan

  • Pemasangannya amat praktis
    KB implan dipasang oleh dokter atau bidan dengan menggunakan alat khusus dan tidak membutuhkan operasi. Prosesnya sangat cepat, hanya beberapa menit saja. Pemasangannya tidak terasa sakit, hanya saja di awal-awal kamu mungkin akan merasa agak aneh karena ada sesuatu di dalam lenganmu (Witton, 2019). Seiring dengan waktu, kamu akan terbiasa dan tidak lagi sadar akan keberadaan implan, kecuali kamu memang dengan sengaja meraba untuk memeriksa posisinya.

  • Keunggulan KB Implan

  • Tidak mengganggu kenyamanan berhubungan intim
    Setelah pemasangan, kamu dan pasanganmu bisa menikmati romansa sepuasnya tanpa perlu khawatir mengenai risiko kehamilan yang tidak direncanakan. Sensasi kenikmatan berhubungan intim pun tetap maksimal. Dunia serasa milik berdua.

  • Keunggulan KB Implan

  • Tak membutuhkan alarm pengingat
    Dengan menggunakan metode KB implan, kamu tak membutuhkan alarm pengingat untuk berkontrasepsi di setiap malam. Satu-satunya yang perlu kamu ingat adalah untuk mengunjungi dokter atau bidan untuk melepas implan atau mengganti implan lama dengan yang baru 3 tahun ke depan. Simple, kan?

  • Keunggulan KB Implan

  • Ramah terhadap ibu menyusui
    Penelitian menunjukkan bahwa kontrasepsi hormonal yang hanya mengandung hormon progesteron aman bagi ibu serta tidak memengaruhi kemampuannya dalam menyusui maupun kondisi kesehatan bayinya (Phillips, Tepper, et al. 2016). Karena KB implan hanya mengandung hormon progesteron saja, artinya metode KB yang satu ini ramah bagi ibu menyusui. Jadi, tak perlu khawatir soal dampak KB implan terhadap produksi ASI.

Baca Juga: 7 Manfaat Ber-KB Untuk Kesehatan Perempuan

Itulah 6 keunggulan metode KB implan alias ‘susuk’. Sedang mempertimbangkan untuk memasang implan? Konsultasikanlah pada dokter atau Bidan Andalan terdekat. Jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut, kamu pun bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

menstrual cup

Cara Cakap Gunakan Menstrual Cup

Bagi pemula, menggunakan menstrual cup memang jadi tantangan tersendiri. Kebiasaan baru menggunakannya dengan mengubah kebiasaan lama menggunakan pembalut atau tampon yang sudah bertahun-tahun dilakukan, memang

Read More »