Ini Dia Lima Keuntungan Menggunakan Alat Kontrasepsi IUD Tembaga

kontrasepsi iud tembaga

Produktivitas tak harus mengorbankan romansa. Dengan strategi yang tepat, siapapun bisa menikmati kehidupan seksual yang memuaskan tanpa perlu khawatir hamil di waktu yang kurang ideal. Perempuan yang ingin menunda kehamilan untuk berfokus pada karir dapat menggunakan IUD tembaga atau yang juga dikenal dengan istilah ‘KB spiral’, alat kontrasepsi jangka panjang yang memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa keuntungan menggunakan IUD tembaga.

Baca Juga: Jangan Percaya Lima Mitos Kontrasepsi IUD Ini!

  • Efektif dalam mencegah kehamilan
    Meski ukurannya mungil, IUD tembaga tak bisa dipandang sebelah mata. Keampuhannya luar biasa. Dengan kandungan ion-ion tembaga yang toksik bagi sperma, IUD tembaga 99,2% efektif dalam mencegah kehamilan (Hill, 2019). Jadi, tak perlu khawatir akan ‘kebobolan’ ketika kamu berkontrasepsi dengan IUD tembaga. Nikmati saja kehidupan asmara bersama pasangan.

  • Praktis dan tahan lama
    IUD tembaga dipasang di dalam rahim oleh dokter atau bidan. Pemasangannya menggunakan alat khusus yang menyerupai tabung, sehingga tidak membutuhkan operasi sama sekali. Sehabis proses pemasangan yang singkat tersebut, aktivitas sehari-hari dapat langsung dilanjutkan kembali. Jadi, bagi kamu dengan jadwal yang padat, IUD tembaga adalah alternatif yang super praktis. Apalagi, setelah dipasang, IUD tembaga bisa bertahan hingga 10 tahun (Dweck & Westen, 2017), tergantung dari jenis yang dipilih. Kamu hanya perlu melalukan kontrol secara berkala sesekali saja.

  • Lebih ekonomis
    Karena satu buah IUD tembaga bisa bertahan selama bertahun-tahun, IUD tembaga sangat ekonomis dalam jangka panjang. Pengguna IUD tembaga tidak perlu bolak-balik membeli alat kontrasepsi baru. Budget yang ada bisa dialokasikan untuk beragam keperluan lain, misalnya tes infeksi menular seksual (IMS), pemeriksaan kesuburan, pap smear, atau vaksin HPV.

  • Tidak mengganggu kesuburan
    Orang terkadang takut menggunakan kontrasepsi karena khawatir akan mengalami kemandulan. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. IUD tembaga merupakan alat kontrasepsi non-permanen, sehingga tidak akan mengganggu kesuburan. Begitu IUD tembaga dilepas kembali oleh dokter atau bidan, kesuburan biasanya segera kembali. Kamu dan pasanganmu bisa langsung merencanakan program hamil dengan mantap.

  • Mengurangi risiko kanker serviks dan kanker endometrium
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna IUD tembaga ternyata memiliki risiko kanker rahim dan kanker endometrium yang lebih rendah (Castellsague, Diaz, Vaccarella, et al., 2011). Soalnya, mekanisme kerja IUD meningkatkan imunitas sel-sel di dalam rahim. Jadi, di samping manfaat utama sebagai alat kontrasepsi, IUD tembaga juga memberikan manfaat sampingan bagi kesehatan reproduksi. Dengan memakai IUD tembaga, secara tidak langsung kamu telah melindungi rahim.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Sehari-hari, IUD Tembaga Juga Bisa Jadi Kontrasepsi

Itulah lima keuntungan yang bisa diperoleh dari pemakaian IUD tembaga, alternatif alat kontrasepsi yang cocok bagi perempuan muda di usia produktif. Ingin mencoba menggunakan IUD tembaga? IUD Andalan Silverline Cu 380Ag dapat menjadi pilihan jitu. Dengan kandungan inti perak dalam tembaga yang melapisi IUD, IUD Andalan Silverline dapat mencegah kehamilan dengan optimal. Masa perlindungannya pun cukup lama, yaitu hingga 5 tahun. Untuk pemasangannya, kamu bisa menghubungi Bidan Andalan terdekat. Selain itu, bila masih bingung atau memiliki pertanyaan lain terkait dengan alat kontrasepsi, kamu pun bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya