Ini Penyebab Keputihan Berlebihan

Penyebab keputihan berlebihan

Keputihan dalam kondisi wajar merupakan hal lumrah yang dialami wanita. Namun, ada pula keputihan yang terjadi tidak seperti biasanya.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan keputihan terasa berat atau volumenya berlebihan dari biasanya. Alih-alih cemas dan khawatir, lebih baik kamu cari tahu apa faktor penyebabnya.

Baca Juga: Lima Rutinitas di Kamar Mandi untuk Mencegah Keputihan‎

Berikut beberapa hal penyebab keputihan berlebihan:

  1. Periode menstruasi
    Menjelang masa menstruasi, keputihan menjadi lebih banyak dari biasanya. Saat ovulasi semakin dekat, ketika sel telur bersiap dikeluarkan dari ovum, saat itulah kamu akan merasa lebih basah dari biasanya. Selain itu, keputihan jadi lebih jernih dan lebih kental dari sebelumnya. Sebagai siklus bulanan, tak perlu khawatir jika keputihan berlebihan.

  2. Rangsangan saat berhubungan
    Saat kamu terangsang, pembuluh darah area genital akan melebar, akibatnya vagina akan mengeluarkan cairan sebagai pelumas, membuat dinding vagina basah dan meningkatnya volume keputihan.

  3. Hormon terganggu
    Ketidakseimbangan hormon ikut andil memicu keputihan berlebih. Hal ini dipicu oleh stress maupun kondisi kesehatan lainnya seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Bahkan PCOS memengaruhi 10% wanita usia reproduksi. Keputihan berlebih hanya satu dari sekian banyak gangguan keseimbangan hormon lainnya seperti menstruasi tidak teratur dan gangguan fertilitas.

  4. Reaksi alergi
    Sama seperti bagian tubuh lainnya, reaksi alergi juga bisa terjadi di dalam atau sekitar vagina. Umumnya alergi dipicu oleh kebiasaan buruk dalam memakai pembersih kewanitaan, alat bantu seks, pakaian yang terkontaminasi bakteri, dan lainnya. Selain keputihan berlebihan, kamu bisa mengalami gatal, kemerahan hingga nyeri saat berkemih maupun saat berhubungan.

  5. Penggunaan antibiotik
    Salah satu efek samping dari konsumsi antibiotik adalah terganggunya keseimbangan bakteri di vagina. Hal ini memicu terjadinya infeksi jamur yang ditandai dengan keputihan berlebihan dan teksturnya yang kental seperti keju atau berair. Gejala lainnya berupa gatal, ruam, sensasi terbakar saat berkemih atau ketika berhubungan intim.

Baca Juga: Begadang dan Makanan Manis, Dua Kebiasaan yang Menyebabkan Keputihan

Itulah beberapa penyebab keputihan berlebihan yang biasa terjadi. Jika kamu mengalami keputihan yang di luar batas wajar tanpa penyebab yang pasti, kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya