Jangan Keliru, Begini 7 Cara Tepat Mengkonsumsi Sildenafil Sitrat untuk Disfungsi Ereksi

konsumsi-sildenafil-sitrat

Jangan minum obat kuat sembarangan. Kamu perlu ke dokter bila mengalami disfungsi ereksi, dan memahami cara tepat konsumsi sildenafil sitrat.

Sildenafil sitrat adalah salah satu obat yang paling populer untuk mengatasi keluhan disfungsi ereksi (DE). Meski bisa dibeli bebas di toko obat sebagai “obat kuat”, jangan mengkonsumsinya sembarangan ya. Sildenafil sitrat bukanlah obat bebas, melainkan obat resep yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Kamu perlu memahami cara tepat mengkonsumsi sildenafil sitrat, agar efeknya optimal, dan terhindar dari efek samping yang bisa berbahaya.

Baca Juga: Disfungsi Ereksi ada Hubungannya Dengan Ejakulasi Dini?

Sildenafil sitrat masuk golongan obat PDE-5 inhibitor. Golongan obat ini bekerja dengan cara meningkatkan efek nitrat oksida (nitric oxide), yaitu senyawa kimia alami di dalam tubuh yang berfungsi merilekskan otot-otot polos di penis, dan melebarkan pembuluh darah penis. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga membantu laki-laki dengan keluhan disfungsi ereksi, untuk lebih mudah ereksi.

7 Cara Tepat Mengkonsumsi Sildenafil Sitrat

Bila dokter meresepkan sildenafil sitrat untuk disfungsi ereksi, konsumsilah obat sesuai dosis dan anjuran dokter ya. Yuk, simak cara tepat mengkonsumsi sildenafil sitrat berikut ini.

  1. Konsumsi maksimal 1 tablet dalam 24 jam
    Peraturan nomor wahid: jangan pernah minum sildenafil sitrat melebihi dosis yang ditentukan oleh dokter. Obat ini hanya boleh diminum 1 tablet dalam 24 jam. Di dalam tubuh, efeknya bisa bertahan hingga 6-8 jam. Bila ternyata kamu tetap gagal ereksi selama “jendela” waktu tersebut setelah mengonsumsi sildenafil sitrat, maka jangan mengkonsumsinya lagi karena berpikir tidak ada efeknya. Kamu baru bisa mengonsumsi sildenafil sitrat lagi 24 jam berikutnya.
  2. Minum 1-4 jam sebelum berhubungan
    Cara tepat mengkonsumsi sildenafil sitrat yaitu dalam 1-4 jam sebelum berhubungan seksual. Obat ini memang membantumu untuk ereksi, tapi tetap dibutuhkan rangsangan seksual ya. Komunikasikanlah dengan pasangan bagaimana obat ini bekerja. Sembari menunggu efek obat muncul, kamu dan pasangan bisa melakukan foreplay, atau sekadar berpelukan di Kasur sambil mengobrol intim.
  3. Telan dengan air
    Salah satu efek samping sildenafil sitrat yang paling umum adalah dispepsia atau maag. Nah, menelan obat ini dengan air, bisa munculnya keluhan dispepsia. Selain air, juga aman kok diminum bersama susu, asalkan kamu tidak punya alergi susu/intoleransi laktosa ya. Mengonsumsi sildenafil sitrat dengan jus buah tidak terlalu disarankan, karena jus buah bisa berinteraksi dengan obat. Terutama jus grapefruit, jeruk bali, dan delima.
  4. Boleh dikonsumsi rutin bila dianjurkan
    Dokter akan meresepkan sildenafil sitrat sesuai dengan kondisimu. Apakah kamu cukup meminumnya sebelum berhubungan, atau diminum secara rutin. Minumlah sesuai dengan yang dianjurkan dokter ya.
  5. Jangan mengkonsumsinya berbarengan dengan nitrat
    Mengonsumsi sildenafil sitrat bersama nitrat sangat berbahaya! Obat golongan nitrat seperti nitrogliserin dinitrat/mononitrat adalah obat untuk mengatasi nyeri dada atau gangguan jantung. Kombinasi sildenafil sitrat dan nitrat bisa membuat tekanan darah mendadak drop karena terjadi pelebaran pembuluh darah yang berlebihan. Dampaknya, aliran darah ke jantung turun drastik, sehingga jantung kekurangan oksigen dan bisa berhenti mendadak. Informasikan kepada dokter, obat-obat apa saja yang kamu minum secara rutin. Dengan demikian, dokter bisa memeprtimbangkan apakah aman meresepkan sildenafil sitrat untukmu.
  6. Hindari grapefruit
    Grapefruit dan jeruk bali bisa meningkatkan kadar sildenafil sitrat dalam darah, sehingga efek obat jadi sulit diprediksi. Kedua jenis buah ini juga cenderung memperlambat penyerapan obat tersebut sehingga butuh waktu lebih lama agar obat bisa bekerja.
  7. Hindari penggunaan rekreasional
    Karena sering dianggap sebagai “obat kuat”, banyak laki-laki yang membeli sildenafil sitrat di toko obat pinggir jalan, dan sembarangan mengkonsumsinya. Sebagian lelaki bahkan sampai mengalami ketergantungan psikologis terhadap sildenafil sitrat, dan merasa butuh obat tersebut untuk bisa ereksi, padahal mereka tidak mengalami disfungsi ereksi.

TOPGRA mengandung sildenafil sitrat 100 mg. Demi keamanan, belilah TOPGRA di apotek resmi ya dengan terlebih dahulu konsultasikan ke dokter. Ini akan menghindarimu dari risiko obat palsu, kedaluwarsa, atau terkontaminasi.

Baca Juga: Mengapa Sildenafil Sitrat untuk Disfungsi Ereksi Perlu Resep Dokter?

Agar efek obat optimal, praktikkanlah cara tepat mengkonsumsi sildenafil sitrat ya. Kamu pun bisa berkonsultasi ke Halo DKT seputar masalah seksual, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya