Tidak Benar Minum Minyak Kelapa Bisa Mempersingkat Menstruasi

memperpendek-menstruasi

Beberapa waktu lalu sempat beredar rumor di internet bahwa makan minyak kelapa dapat mempersingkat menstruasi dan mengurangi pendarahan. Sayangnya, ini hanya sebatas rumor dan bukan fakta sebenarnya.

Minyak kelapa sempat naik daun dan menjadi idola produsen pengobatan alternatif hingga kecantikan. Sejak tahun 1950-an lemak jenuh dianggap sebagai sumber masalah kesehatan dan kegemukan. Muncullah alternatif lemak yang lebih sehat yaitu lemak kelapa murni atau kemudian dikenal dengan virgin coconut oil.

Baca Juga: Dorongan Makan Kompulsif Saat Menstruasi, Ini Penyebabnya

Minyak kelapa ini diklaim dapat menurunkan berat badan hingga meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Minyak nabati ini dianggap sebagai makanan super yang sesungguhnya. Faktanya, beberapa khasiatnya yang diklaim hanya sebatas hype daripada berbasis bukti ilmiah.

Minyak Kelapa Bisa Memperpendek Menstruasi?

Salah satu manfaat kesehatan yang beredar di media sosial adalah minyak kelapa dapat membantu wanita memperpendek menstruasi, atau agar menstruasi cepat selesai.

Dikatakan bahwa asam lemak esensial dan antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa dapat mengatur siklus menstruasi termasuk cepat menghentikan pendarahan.

Apakah siklus menstruasi dapat dipersingkat? Siklus menstruasi wanita merupakan sebuah proses interaksi kompleks antara berbagai hormon yang diproduksi oleh ovarium dan otak. Banyak faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi, mulai dari perubahan hormon, diet, atau kondisi medis dan pengobatan tertentu.

Tidak pernah disebutkan bahwa makan minyak kelapa dapat mengurangi atau memperpendek perdarahan menstruasi. Satu-satunya klaim yang sudah dibuktikan melalui penelitian adalah, lemak nabati dan kacang-kacangan atau disebut asam lemak tak jenuh ganda memang dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) seperti depresi dan kelelahan.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Siklus menstruasi

Aliran darah menstruasi yang lebih deras dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk penggunaan kontrasepsi hormonal, kadar hormon, dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti masalah tiroid, endometriosis, sindrom ovarium polikistik, fibroid rahim, dan bahkan kanker ginekologi tertentu.

Aliran darah yang lebih berat juga terjadi karena usia. Anak perempuan yang baru saja mulai menstruasi umumnya belum berovulasi secara teratur, sehingga darah menstruasi cenderung sedikit dan masa menstruasi lebih singkat.

Sedangkan wanita yang mendekati akhir masa reproduksi mereka dianggap lebih mungkin mengalami lebih banyak pendarahan.

Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu masalah ginekologi yang paling umum. Ada banyak kemungkinan penyebab siklus menstruasi yang terganggu, berikut di antaranya:

Stres

Ketika kamu stres, siklus menstruasi dapat terganggu. Stres menyebabkan pelepasan kortisol (hormon stres) yang dapat memicu perubahan hormon secara keseluruhan yang mengganggu menstruasi.

Obat-obatan atau kontrasepsi

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan sistem reproduksi, obat-obatan dan metode kontrasepsi dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Obat antidepresan, pengencer darah, dan steroid adalah contoh obat yang dapat mempengaruhi hormon dan mengganggu siklus menstruasi.

Alat kontrasepsi seperti IUD juga dapat menyebabkan ketidakteraturan siklus atau membuat darah menstruasi lebih banyak.

Gangguan ovulasi

Gangguan ovulasi atau pola ovulasi yang tidak teratur akan mengganggu siklus menstruasi. Ovulasi adalah faktor kunci dan salah satu fase dalam siklus menstruasi, sehingga jika tidak terjadi ovulasi, otomatis siklus menstruasi pun terganggu.

Polip atau fibroid rahim

Polip adalah pertumbuhan di rahim yang biasanya jinak, artinya bukan kanker. Polip di rahim dapat menyebabkan menstruasi yang lama atau bercak diantara siklus menstruasi.

Fibroid juga biasanya merupakan pertumbuhan jinak di rahim yang dapat menyebabkan pendarahan menstruasi yang berat dan lebih lama dari biasanya.

Baca Juga: Lima Problem Menstruasi yang Lazim Terjadi

Jika Kamu mengalami gangguan menstruasi, jangan mengobati sendiri, apalagi hanya berbekal informasi di internet. Lebih baik Kamu berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya