Kapan Menstrual Cup Perlu Diganti dengan yang Baru? Ini Ciri-cirinya

ganti-menstrual-cup

Enaknya pakai menstrual cup, cukup beli sekali tapi bisa dipakai berkali-kali. Merk, jenis bahan, dan perawatan yang kamu lakukan menentukan berapa lama menstrual cup bisa dipakai. Secara umum, menstrual cup bisa dipakai antara 1-4 tahun; bahkan ada merk yang mengklaim bisa dipakai sampai 10 tahun. Namun demikian jangan lengah ya, perhatikan kondisinya dengan seksama, apakah sudah saatnya ganti menstrual cup dengan yang baru.

Baca Juga: 8 Teknik Melipat Menstrual Cup Biar Bebas Sakit Saat Dipakai

Kapan menstrual cup perlu diganti dengan yang baru, ya? Di bawah ini 6 cirinya.

Ciri-ciri Menstrual Cup perlu Diganti

Sebaik apapun kamu membersihkan, menyimpan, dan merawat menstrual cup, pada akhirnya masa pakainya akan habis juga. Kenalilah ciri dan tanda menstrual cup perlu diganti, seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Berbau tidak sedap
    Wajar kalau menstrual kamu sedikit berbau seiring pemakaian. Ada yang bilang baunya seperti telur, brokoli, atau belerang. Selama baunya tidak menyengat, kamu tak perlu khawatir. Namun hati-hati kalau baunya tidak sedap dan menyengat/kuat, misalnya bau busuk atau amis. Bisa jadi ada sisa darah yang tertinggal ketika kamu membersihkannya terakhir kali. Darah yang tertinggal ini akan teroksidasi sehingga menimbulkan bau, dan bisa pula ditumbuhi bakteri. Inilah yang membuat baunya makin tidak sedap dan menyengat. Bila muncul tanda ini, segera ganti menstrual cup dengan yang baru.

  2. Perubahan warna
    Pigmen darah sangatlah kuat. Jadi, wajar bila lama kelamaan menimbulkan noda menstrual cup, meski kamu membersihkannya dengan baik dan teratur. Perubahan warna ringan tidak mengurangi kualitas menstrual cup. Namun bila terjadi perubahan warna yang parah atau ada noda/bercak yang pekat, ini adalah tanda menstrual cup perlu diganti. Apalagi jika disertai dengan tanda lain seperti bau tidak sedap yang menyengat.

  3. Mengelupas
    Permukaan menstrual cup mengelupas, atau ada serbuk-serbuk putih? Ini adalah tanda bahwa bahan menstrual cup mulai terkikis dan rusak. Jangan dipakai lagi ya. Selain kemampuannya untuk menciptakan daya cengkeram yang sempurna di vagina sudah berkurang, bahan-bahan yang terkelupas juga bisa menempel pada liang vagina dan menimbulkan iritasi.

  4. Robek atau retak
    Perhatikanlah seluruh bagian menstrual cup dengan saksama. Apakah ada robekan atau retak-retak halus pada pinggiran maupun tangkai menstrual cup? Bila kamu menemukannya, maka saatnya menstrual cup tersebut pensiun. Sebabnya, retakan atau robekan menandakan bahwa kelenturan menstrual cup sudah berkurang. Selain itu juga bisa melukai dan mengiritasi vaginamu.

  5. Tekstur berubah
    Tekstur menstrual cup harusnya halus dan lembut. Perubahan tekstur menjadi lebih kasar juga menandakan bahwa bahan menstrual cup telah rusak. Kelenturannya pasti berkurang (menjadi lebih kaku), daya cengkramnya berkurang, dan bisa mengiritasi liang vaginamu. Jadi, jangan dipakai lagi ya.

  6. Tiba-tiba ‘bocor’
    Menstrual cup yang kamu pakai tiba-tiba saja ‘bocor’ padahal sebelumnya tidak pernah demikian? Bisa jadi bentuknya sudah agak berubah, sehingga tidak lagi tercengkeram dengan optimal di liang vagina. Atau bisa jadi ukuran vaginamu yang berubah, sehingga perlu menstrual cup dengan ukuran berbeda.

Jangan pernah lengah ya untuk mengenali ciri-ciri saatnya menstrual cup perlu diganti. Sebelum kamu memakainya lagi setiap bulan, periksalah dengan teliti di bawah cahaya matahari. Bagaimana tampilannya, teksturnya, dan baunya. Tentu, cuci dulu tanganmu dengan bersih sebelum melakukannya ya. Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari segala risiko yang mungkin muncul akibat pemakaian menstrual cup yang sudah rusak.

Baca Juga: Cara Keluarkan Menstrual Cup yang Nyangkut

Kamu punya pertanyaan seputar menstruasi dan kesehatan reproduksi? Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya