KB Yang Cocok Untuk Pengantin Baru

KB cocok untuk pengantin

Merencanakan kehamilan adalah bagian dari menyiapkan keluarga yang sehat dan bahagia.

Pengantin baru tapi langsung berpikir untuk menunda kehamilan? Sah-sah saja kok, karena setiap keluarga memiliki rencana dan strateginya masing-masing dalam menyiapkan keluarga yang ideal. Tapi hal yang masih sering menjadi momok bagi pengantin baru yang ingin langsung ber-KB adalah persepsi kontrasepsi bisa menyebabkan kandungan kering dan menghambat kehamilan di kemudian hari.

Baca Juga: Memilih KB Sesuai Usia

KB modern yang banyak dikembangkan sekarang terbukti efektif mencegah terjadinya kehamilan dibandingkan KB konvensional. KB modern memiliki tingkat efektifitas mencegah kehamilan 98-99%, plus memberikan beragam manfaat kesehatan seperti menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi rasa sakit menstruasi, hingga mencegah terjadinya jerawat. Contohnya pil KB Elzsa yang kandungan hormon cyproterone acetate dan ethinylestradiol tidak hanya mencegah terjadinya kehamilan tapi juga membuat kulit tetap sehat plus glowing. Artinya menggunakan KB modern bagi pengantin baru sangat bisa menjaga kualitas hidup karena tetap produktif, sehat dan percaya diri.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) juga menganjurkan untuk menunda kehamilan pada masa pandemi. Karena fluktuasi hormon yang terjadi di masa kehamilan membuat sistem imun tubuh menurun. Inilah yang kemudian membuat para ibu hamil masuk dalam kelompok berisiko selama pandemi terjadi.

Jika kamu sebagai pengantin baru semakin mantap untuk menunda kehamilan dengan menggunakan KB modern, mungkin pertanyaan berikutnya yang muncul adalah “KB apa yang cocok untuk pengantin baru?” Jawabannya adalah KB modern temporer yang penggunaanya bisa dihentikan setelah kamu dan suami siap untuk memiliki anak.

Adapun pilihan KB temporer untuk pengantin baru yang pertama adalah pil KB. Berikut alasannya:

  1. Praktis dan efektif: Beragam penelitian membuktikan pil KB efektif mencegah kehamilan hingga 99% dan penggunaanya pun praktis, yaitu cukup diminum secara teratur sesuai jam yang sudah dipilih. Terutama di kondisi pandemi seperti sekarang, akses ke pelayanan kontrasepsi di klinik menjadi terbatas maka pil KB adalah pilihan alternatif yang memudahkan.
  2. Bisa subur dengan cepat: Karena pil KB merupakan kontrasepsi temporer maka artinya kesuburan bisa kembali dengan cepat setelah berhenti mengkonsumsinya.
  3. Punya beragam manfaat kesehatan: Sebagai KB modern, pil KB juga berfungsi untuk menyeimbangkan hormon sehingga punya beragam manfaat kesehatan. Bahkan penelitian yang dilakukan Westheimer & Lehu pada 2019 lalu menunjukkan kalau pil KB mampu mencegah terjadinya kista indung telur.
  4. Memperkecil risiko kanker ovarium: Peneliti Lisa Iversen mempublikasikan hasil penelitiannya pada British Medical Journal 2018, bahwa pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progesterone dapat mengurangi risiko kanker ovarium hingga 21%. Kesimpulan ini didapat Iversen setelah mengamati data kesehatan 1,9 juta perempuan berusia 19-49 tahun.

Lalu pilihan keduanya adalah kondom. Para pengantin baru, khususnya suami bisa menggunakan KB modern ini dan tidak mengganggu sistem hormonal tubuh. Bahkan dengan berbagai tipe kondom seperti bergerigi, ekstra pelumas, berulir, dan beraroma tentu memperkaya pengalaman eksplorasi seksual pengantin baru.

Pastikan kondom yang kamu pilih telah teruji secara mutu standar internasional untuk memastikan bahan yang digunakan tidak hanya aman tapi juga nyaman. Seperti kondom Fiesta Beraroma yang sudah mendapat ISO 4074 sebagai bukti sudah memenuhi uji mutu standar internasional.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Pil KB Mengatasi PCOS

Sekarang kamu pasti semakin yakin untuk menggunakan KB modern meski menyandang status pengantin baru. Jika Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya