Kehamilan Kosong Itu Seperti Apa?

kehamilan-kosong

Tanda-tanda kehamilan kosong yang calon ibu wajib tahu.

Kehamilan kosong atau blighted ovum adalah kondisi di mana sel telur yang sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim tapi tidak berkembang menjadi embrio. Kehamilan kosong biasanya terjadi pada trimester pertama, di mana sel berkembang hanya membentuk kantung kehamilan tapi tidak menjadi embrio.

Baca Juga: 10 Momen Paling Membahagiakan Sepanjang Kehamilan

Pada kehamilan normal, sel telur yang dibuahi sperma akan menempel di dinding rahim. Baru pada lima hingga enam minggu kehamilan, embrio kemudian bertumbuh di dalam kantung kehamilan. Tapi hal ini tidak terjadi pada kehamilan kosong. Dunia medis menyebut kehamilan kosong sebagai anembryonic gestation dan menjadi salah satu penyebab keguguran di trimester pertama kehamilan. Tentu kamu bertanya, apa yang menyebabkan kehamilan kosong bisa terjadi?

Mayo Clinic menyebutkan sampai saat ini sebenarnya belum bisa dijelaskan secara pasti apa yang membuat kehamilan kosong terjadi. Tapi para ahli melihat kelainan kromosom membuat pembelahan sel telur yang dibuahi menjadi tidak sempurna. Ini bisa karena kualitas sel telur dan sperma yang tidak bagus. Lantas apa sajakah tanda-tanda dari kehamilan kosong itu? Para calon ibu wajib tahu tanda-tandanya karena mirip dengan tanda kehamilan normal.

  1. Hasil tes kehamilan positif.
    Sama seperti kehamilan normal, tanda awal kehamilan kosong adalah telat menstruasi yang kemudian mendorong kamu untuk melakukan tes kehamilan. Meski embrio tidak berkembang tapi hasil tes kehamilan tetap positif, kok bisa? Pada saat sel telur berhasil dibuahi oleh sperma maka tubuh akan mengeluarkan hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (hCG). Alat tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi kadar hCG dalam tubuh. Maka ketika dilakukan tes kehamilan hasilnya pasti positif. Hormon kehamilan baru berhenti diproduksi tubuh ketika embrio gagal berkembang di dalam rahim.
  2. Morning sickness.
    Setelah sel telur dibuahi maka dibentuklah kantung janin di dalam rahim, hal ini membuat tubuh kamu mengalami banyak perubahan yang memicu terjadinya morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari. Mengapa kantung janin tetap terbentuk meski embrio tidak berkembang? Ternyata plasenta bisa tetap terbentuk dan menopang dirinya meski embrio gagal berkembang. Tapi ini tidak akan berlangsung lama karena pada akhirnya plasenta luruh dengan sendirinya karena tidak ada embrio di dalamnya.
  3. Kram perut disertai dengan keluar bercak darah dari vagina.
    Luruhnya plasenta menyebabkan keluarnya bercak darah dari vagina. Bahkan pada beberapa waktu, darah yang keluar dalam volume besar yang disertai dengan gumpalan daging. Luruhnya plasenta ini tentu membuat otot perut berkontraksi sehingga terasa keram. Tidak hanya keram, sering kali juga disertai dengan rasa nyeri yang hebat di pinggang dan panggul. Keluarnya darah dari vagina yang disertai dengan keram perut yang hebat sebenarya menjadi pertanda kalau kandungan tidak dalam keadaan baik. Maka segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Kehamilan kosong menyebabkan keguguran karena embrio tidak berhasil berkembang maka tubuh menghentikan proses pertumbuhannya. Untuk memastikan hal ini biasanya dokter atau bidan melakukan USG, baru kemudian diputuskan apakah perlu tindakan kuretase untuk memastikan tidak ada jaringan plasenta yang tertinggal. Tapi pada beberapa kasus tidak perlu tindakan kuretase cukup dengan terapi obat untuk membantu peluruhan plasenta secara alami.

Baca Juga: Lima Kesalahan Menggunakan Test Pack untuk Tes Kehamilan

Jangan langsung berpikir tidak bisa hamil lagi setelah mengalami kehamilan kosong. Karena kebanyakan perempuan yang pernah hamil kosong tetap bisa hamil secara normal. Dan jika kamu mengalami hal ini secara berulang, dokter pasti akan mencari tahu penyebab utamanya.

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang bagaimana mempersiapkan kehamilan yang sehat, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya