Kenapa sih, Sering Muncul Jerawat Menjelang Menstruasi?

Jerawat menjelang menstruasi

Fluktuasi hormon bisa memicu munculnya jerawat menjelang menstruasi. Bagaimana mengatasinya ya?

Siapa nih yang sering mengalami jerawat menjelang menstruasi? Menyebalkan sekali ya. Kulit yang tadinya mulus, mendadak merah-merah berjerawat, atau jerawat makin menjadi-jadi. Ternyata, ini dialami oleh 50-80% perempuan.

Baca Juga: Benarkah Jerawat Membandel Bisa Diatasi dengan Pil KB?

Kondisi ini kerap disebut jerawat PMS. Umumnya, jerawat mulai bermunculan dalam 7-10 hari sebelum menstruasi. Jerawat PMS cukup khas: jerawat tampak merah meradang, dan biasanya muncul di wajah bagian bawah. Yaitu pipi, garis rahang, dagu, dan leher. Penasaran apa penyebabnya? Yuk kita simak.

Jerawat Menjelang Menstruasi: Faktor Hormonal

Yup, betul sekali. Penyebab jerawat menjelang menstruasi, apa lagi kalau bukan faktor hormonal. Seperti kamu ketahui, kadar hormon dalam tubuhmu selalu berfluktuasi selama siklus menstruasi. Di awal siklus, kadar estrogen meningkat, diikuti dengan peningkatan progesteron. Nah, mendekati periode menstruasi, kadar kedua hormon ini menurun, tapi kadar testosteron tetap stabil. Iya, testosteron adalah hormon laki-laki, tapi perempuan pun memilikinya dalam jumlah kecil.

Dengan kondisi di atas, maka aktivitas testosteron jadi relatif lebih tinggi ketimbang estrogen dan progesteron, menjelang dan selama menstruasi. Nah, testosteron cenderung menstimulasi kelenjar minyak di wajahmu untuk memproduksi lebih banyak sebum atau minyak.

Pada sebagian perempuan, hal tersebut membuat kulit lebih glowing, tapi pada sebagian perempuan lainnya, malah bisa memicu jerawat. Sebum yang berlebihan bisa tersumbat di pori-pori bersama kotoran dan sel kulit mati. Ini bisa memicu pertumbuhan bakteri C. acnes (sebelumnya dikenal sebagai P. acnes) hingga menimbulkan infeksi, dan muncullah jerawat.

Masalahnya tidak itu saja. Sistem pertahanan tubuh akan bereaksi terhadap pertumbuhan bakteri. Inilah yang memicu radang pada jerawat. Stres yang kerap muncul saat PMS juga bisa memperburuk jerawat menjelang menstruasi.

Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?

Pertama, jaga selalu kebersihan kulit wajahmu, agar pertumbuhan C. acnes tetap terkendali. Cucilah wajah 2x sehari saat mandi pagi dan sore. Hindari juga menyentuh wajah ya, karena bakteri dan kotoran dari tangan bisa menempel di kulitmu. Kamu juga bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas, untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat menjelang menstruasi.

Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral ya, karena akan membantu memelihara kesehatan kulitmu. Bagi yang kulitnya cenderung berjerawat, jangan sampai kekurangan vitamin A, C, E, D, serta zinc.

Sebisa mungkin, hindari atau setidaknya, minimalkan konsumsi makanan/minuman manis, roti putih, dan makanan olahan yang tinggi karbohidrat/gula. Makanan seperti ini ditengarai meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang bisa memicu/memperburuk jerawat menjelang menstruasi.

Baca Juga: Strategi Terbebas Nyeri Menstruasi

Masih punya pertanyaan seputar jerawat dan menstruasi? Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya