Strategi Terbebas Nyeri Menstruasi

strategi-bebas-nyeri-menstruasi

Tahukah kamu, 3 dari 4 wanita mengalami nyeri perut jelang dan saat menstruasi. Hal ini dipicu oleh hormon prostaglandin di dalam rahim yang luruh saat proses ovulasi terjadi.

Proses alamiah ini bukan berarti membuat kita pasrah menerima begitu saja. Ada loh yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan membebaskan diri dari belenggu nyeri bulanan jelang dan saat menstruasi datang.

Baca Juga: Ladies, Jangan Terjebak dengan 5 Mitos Menstruasi Ini

Setidaknya ada empat langkah mudah yang bisa kamu lakukan di rumah menjelang menstruasi. Yuk, lakukan empat langkah berikut ini agar nyeri perut menstruasi tak hinggap lagi:

Kelola stress

Mereka yang mengalami stress jelang menstruasi berisiko dua kali lipat mengalami nyeri perut. Karena itu, mengatasi stress mampu mengurangi nyeri perut yang terjadi. Stress selama fase folikuler (fase awal menstruasi) lebih mungkin memicu nyeri ketimbang stress yang terjadi di fase luteal yang merupakan fase kedua dari siklus menstruasi. Namun, apapun fasenya, sejatinya stress mesti dikelola dengan baik agar tidak berimbas pada nyeri perut yang mengganggu.

Stop rokok

Racun yang terkandung dalam sebatang rokok tidak hanya merusak tubuh dan memicu penyakit kardiovaskular, melainkan juga ikut andil memicu terjadinya nyeri perut saat menstruasi. Seiring waktu, semakin sering dan semakin banyak paparan asap rokok, semakin besar risiko nyeri perut yang hebat tersebut. Karena itu stop merokok agar risiko nyeri menstruasi bisa dihindari.

Olahraga ringan

Jangan malas berolahraga jelang menstruasi. Sebab olahraga merupakan salah satu cara yang efektif mengurangi nyeri menstruasi. Sebuah meta analisis dari 11 percobaan menemukan bahwa olahraga seperti aerobik, peregangan, dan yoga dapat mengurangi intensitas nyeri juga mempersingkat durasinya. Selain itu, olahraga juga mengurangi stress yang menjadi pemicu lain timbulnya nyeri.

Relaksasi dan perawatan diri

Cara lain mengurangi nyeri dengan melakukan perawatan diri juga relaksasi. Tidak perlu mahal dan mewah, cukup rebahan di tempat tidur sambil menonton televisi atau sekadar berselancar di sosial media. Sesantai mungkin sehingga fokus teralihkan pada hal-hal ringan dan menenangkan. Mintalah bantuan pasangan atau sahabat membantu proses relaksasi sekadar jadi teman ngobrol atau dengan membantu melakukan pijatan ringan, mengoleskan minyak lavender. Rasakan dan nikmati manfaatnya.

Baca Juga: Kenapa sih, Sering Muncul Jerawat Menjelang Menstruasi?

Selamat mencoba ya, semoga nyeri perut saat menstruasi tak lagi menghampiri. Jika kamu masih mengalami problem menstruasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Caranya mudah, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya