Keputihan dan Siklus Menstruasi Bulanan

Siklus menstruasi dan keputihan

Keputihan merupakan proses alami keluarnya cairan dari vagina yang berasal dari kelenjar di mulut rahim. Cairan ini terdiri dari lendir serviks, cairan vagina, dan bakteri.

Secara biologis berfungsi membersihkan vagina dari bakteri perusak dan melindungi area genital wanita dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Pria Juga Perlu Tahu Apa Itu Keputihan

Keputihan yang terjadi menjelang siklus menstruasi memang terkadang mengalami sedikit perbedaan dari keputihan yang terjadi di luar siklus menstruasi. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormon estrogen dan progesteron menjelang menstruasi tiba. Sebab kedua hormon inilah yang menyebabkan perubahan warna pada keputihan, yang biasanya jernih atau bening, menjadi lebih pekat.

Fase follicular

Keputihan yang terjadi sebelum masa haid tiba, merupakan bagian dari siklus haid itu sendiri. Pada fase menjelang ovulasi- ketika sel telur dilepaskan dari ovum- produksi lendir vagina meningkat cukup signifikan seiring meningkatnya produksi hormone estrogen. Pada tahap ini, banyak wanita yang mengalami perubahan tekstur dan warna keputihan menjadi lebih kental dan lembut seperti susu. Berwarna putih atau keruh.

Ini disebut fase follicular, ketika sel telur sedang berkembang. Fase ini dimulai sejak hari pertama menstruasi dan berakhir dengan ovulasi.

Fase ovulasi

Salah satu tanda fase ovulasi adalah ketika kamu merasa “lebih basah” dari biasanya. Inilah fase ovulasi yaitu saat paling banyak menghasilkan cairan. Pada fase ini kadar estrogen mencapai puncaknya 1-2 hari menjelang ovulasi. Walhasil keputihan yang keluar menyerupai putih telur mentah dengan tekstur licin, melar, dan berwarna bening.

Ketika cairan keputihan ini bisa diregangkan di antara jari telunjuk dan ibu jari, itu tandanya kamu sedang berovulasi! Inilah tanda bahwa sel telur siap untuk dibuahi. Dan tekstur encer dari lendir serviks ini berfungsi memfasilitasi sperma mencapai sel telur untuk proses pembuahan menuju kehamilan.

Baca Juga: Sejauh Mana Stres Menyebabkan Keputihan?

Jadi, kamu tak perlu khawatir ketika terjadi perubahan keputihan selama periode menstruasi. Selama tidak ada perubahan yang ekstrim, keputihan dalam siklus menstruasi merupakan hal lumrah sebagai bagian dari siklus bulanan itu sendiri. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya