Resah Gelisah karena Keputihan Berulah

Gelisah karena keputihan

Keputihan yang normal seringkali terjadi tanpa disadari. Karena saking terbiasa dan tidak menimbulkan kondisi yang mengkhawatirkan. Bahkan tidak terasa ada keputihan, karena tidak menimbulkan gatal ataupun bau menyengat.

Namun, pada kondisi tertentu ada keputihan yang tidak hanya mencuri perhatian, melainkan juga mengganggu aktivitas harian. Lantaran gejala yang ditimbulkan bikin kamu resah gelisah tak tentu arah. Inilah yang disebut dengan keputihan abnormal. Keputihan yang tak biasa, yang di baliknya pasti ada sesuatu yang tidak beres dan harus segera diatasi.

Baca Juga: Tiga Pemicu Keputihan yang Mengganggu

Berikut kondisi keputihan yang mengharuskan kamu untuk bertemu dokter guna mengkonsultasikan kondisi keputihan abnormal berikut ini:

  1. Timbul rasa nyeri, sensasi terbakar atau ketidaknyamanan lainnya sepanjang hari di dalam dan area sekitar vagina.
  2. Iritasi berupa ruam atau luka di vagina dan sekitar vagina yang disertai dengan cairan. Atau bahkan tidak disertai dengan cairan keputihan.
  3. Perubahan tekstur cairan keputihan dari encer menjadi sedikit mengental bahkan padat seperti keju, disertai berbusa pada permukaan cairan keputihan yang keluar dari vagina.
  4. Bau menyengat yang begitu kuat bahkan cenderung seperti bau busuk yang sebelumnya tidak pernah terjadi.
  5. Kemerahan pada vagina atau sekitar area genital, bait disertai rasa gatal maupun tidak.
  6. Terjadinya pembengkakan di vagina dan area sekitar vagina.

Selain kondisi tersebut, buat kamu yang aktif secara seksual dan merasakan adanya perubahan pada keputihan, sekecil apapun perubahan itu. Hendaknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan terapi yang tepat.

Sebab salah satu pemicu terjadinya keputihan abnormal ini adalah infeksi menular seksual (IMS). Jika IMS itu sendiri diabaikan, bisa berdampak serius pada tubuh termasuk memicu terjadinya infertilitas.

Baca Juga: Tiga Penyakit yang Ditandai dengan Keputihan

Jika kamu ingin mendapatkan kesempatan konsultasi dengan para ahli, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya