Ketika Infeksi Menular Seksual Tidak Diobati

infeksi menular seksual

Jangan tunda, segera lakukan terapi obat yang diberikan dokter untuk mengatasi infeksi menular seksual.

Pada Juni 2019 lalu, WHO mengumumkan kalau lebih dari satu juta orang di seluruh dunia mengalami infeksi menular seksual setiap harinya. Karena sering kali tidak bergejala, infeksi menular seksual atau IMS yang dialami pun tidak segera diobati. Padahal sebagian besar infeksi ini dapat disembuhkan. Sebab jika infeksi menular seksual tidak diobati akan menimbulkan berbagai komplikasi.

Baca Juga: Waspada Infeksi Menular Seksual di Era Aplikasi Kencan Online

Penyebab dari infeksi menular seksual sangat beragam, ada bakteri, virus, jamur, bahkan parasit. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual, baik melalui vagina, anal, maupun oral. Kebanyakan orang membayangkan infeksi ini akan menunjukkan gejala atau masalah pada alat kelamin sebagai gejala awalnya, pada kenyataanya ini tidak terjadi. Inilah yang kemudian membuat tingkat penularan semakin tinggi karena orang yang terinfeksi tidak menyadari kalau dia sedang membawa penyakit. Fatalnya, infeksi menular seksual ini tidak hanya bisa menularkan ke orang lain tapi juga bisa merusak tubuh.

Ketika infeksi menular seksual tidak diobati, dampaknya tidak hanya pada alat reproduksi tapi juga seluruh tubuh. Pada alat reproduksi, infeksi ini bisa menyebabkan kemandulan sedangkan dampak laminnya bisa menyebabkan pikun, gangguan syaraf, kebutaan bahkan sampai kematian. Tak hanya itu, jika infeksi menular seksual terjadi pada ibu hamil dan tidak diobati maka bisa menimbulkan dampak yang fatal. Pertama bayi yang di dalam kandungan bisa tertular dan ketika lahir bisa mengalami beragam komplikasi seperti kebutaan atau keterbelakangan mental.

Karena itu bagi siapa saja yang sudah aktif secara seksual wajib mengetahui apa yang bisa terjadi jika tidak setia pada pasangan dan melakukan hubungan seksual yang aman dengan menggunakan kondom. Pilihlah kondom berbahan lateks karena penelitian membuktikan bahan ini tidak dapat ditembus oleh penyebab infeksi menular seksual. Jika kamu mencari kondom yang berbahan lateks terbaik atau superfine natural latex yang lebih halus, tipis dan kuat maka Supreme Premium Kondom adalah jawabannya!

Penting juga untuk kamu yang sudah aktif secara seksual mengetahui bagaimana gejala infeksi menular seksual. Infeksi ini terdiri dari beberapa jenis, tapi secara umum gejala yang muncul adalah alat kelamin mengeluarkan cairan yang tidak biasa, sakit saat buang air kecil, terdapat luka atau bintik merah seperti jerawat di alat kelamin, serta perut bagian bawah terasa nyeri. Jika gejala-gejala itu dirasakan, jangan tunda, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Dengan berobat ke dokter, maka kamu akan mendapatkan terapi pengobatan yang tepat serta tuntas mengatasi infeksi menular seksual. Ingat, jangan mengobati diri sendiri dengan antibiotik tanpa resep dokter. Langkah ini justru akan membuat tubuh menjadi resisten terhadap antibiotik dan membuat penyebab infeksi menular seksual semakin resisten terhadap berbagai obat.

Baca Juga: Bisakah Infeksi Menular Seksual Disembuhkan?

Jika kamu ingin mencari tahu lebih detail bagaimana infeksi menular seksual dapat diobati, segera konsultasi langsung di HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Tenang segala informasi pribadi akan dijaga dengan baik, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi ya.

artikel lainnya