Keyakinan Terhadap Performa Membuat Seks Tahan Lama, Benarkah?

Jika Anda ingin seks tahan lama demi memuaskan pasangan, namun kesulitan mencapai ekspektasi tersebut, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami masalah yang sama. Akan tetapi tahukah Anda? Ternyata salah satu penyebab seks berakhir terlalu cepat adalah karena kecemasan terhadap performa seksual.

Kecemasan mengenai performa seksual terjadi ketika seseorang terlalu khawatir mengenai penampilan tubuhnya serta kemampuannya untuk memuaskan pasangan (Scaccia, 2017, Healthline). Misalnya, Anda  tidak percaya diri karena perut yang agak buncit, ukuran penis, atau karena kurang yakin mengenai trik foreplay yang disukai pasangan. Akibatnya, muncul keraguan bahwa Anda bisa membahagiakan pasangan di ranjang. Padahal, belum tentu apa yang dikhawatirkan benar-benar dianggap masalah oleh pasangan. Kalaupun Anda akan membuat sejumlah kesalahan di tempat tidur, kemungkinan besar akibatnya tidak akan sefatal yang Anda bayangkan. 

Apapun akar masalahnya, kecemasan performa sering dialami banyak orang. Pada laki-laki, hal ini bisa menyebabkan disfungsi ereksi, yaitu kondisi di mana penis susah mencapai ereksi (Johnson, 2018, Medical News Today). Selain itu, kecemasan performa juga bisa memicu ejakulasi dini (Thomas, 2015, Psychology Today). Inilah yang membuat seks tidak tahan lama.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi kecemasan yang berlebihan dan membuat seks tahan lama? Strategi terbaik adalah dengan membangun keyakinan terhadap performa seksual. Dua pakar di bidang ini, Masters dan Johnson, menangani 186 kasus ejakulasi dini yang membuat seks tidak bertahan lama. Dari angka tersebut, mereka hanya mengalami 4 kegagalan. Menurut psikiater Australia yang mengkritisi penanganan yang diberikan, Michael Clarke dan Laurel Parry, kesuksesan intervensi tadi terjadi karena metode yang digunakan, yaitu menurunkan kecemasan performa seksual, meningkatkan rasa saling percaya di antara pasangan, dan menambah rasa percaya diri dalam hubungan (Vice, 2018).

Oprah pernah mengatakan bahwa keyakinan terhadap performa seksual bukan hanya terbatas pada rasa yakin bahwa Anda benar-benar diinginkan oleh pasangan, namun juga bahwa apapun yang Anda bawa ke dalam hubungan seks kemungkinan besar akan dihargai. Orang-orang yang percaya diri dalam hubungan seks akan jauh lebih rileks, menikmati momen-momen intim yang ada, dan mendapatkan seks yang berkualitas. Kalaupun menghadapi kegagalan, mereka tidak akan terobsesi secara berlebihan mengenai kegagalan, sehingga bisa menikmati kesuksesan saat mencoba lagi di kali berikutnya.
Agar lebih yakin terhadap performa seksual, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Sadari pemikiran-pemikiran negatif yang muncul di kepala Anda dan ubahlah dengan yang lebih positif.
  • Upayakan untuk lebih fokus menikmati apa yang memang sedang terjadi di ranjang dan hindari memikirkan hal-hal lain.
  • Perkaya pengetahuan Anda mengenai alat bantu seks yang bisa meningkatkan performa. Misalnya, Anda bisa menggunakan kondom yang mengandung Climax Delay Lubricant seperti Fiesta Delay atau Supreme Performax.
  • Cobalah lebih terbuka dengan pasangan mengenai kekhawatiran Anda. Faktanya, pasangan dengan komunikasi seksual yang baik dan terbuka memiliki hasrat seksual yang lebih tinggi, lebih mampu mengontrol ereksi, serta lebih sering orgasme (Mallory et al., 2019).

Masih kurang yakin juga bahwa keyakinan terhadap performa bisa membuat seks tahan lama? Atau Anda ingin berkonsultasi? Hubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp